DIGITAL LIBRARY



JUDUL:Mengembangkan aspek kognitif anak dalam mencocokkan bilangan dengan lambang bilangan menggunakan kombinasi model Explicit Instruction, model Make A Match dan media konkrit pada anak kelompok B1 di PAUD Terpadu Pertiwi DWP Kota Banjarmasin
PENGARANG:NURUL ISTIQAMAH
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2020-07-29


ABSTRAK

Istiqamah, Nurul. 2020. Mengembangkan Aspek Kognitif dalam Mencocokkan Bilangan dengan Lambang Bilangan Menggunakan Kombinasi Model Explicit Instruction, Model Make A Match dan Media Konkrit pada Anak Kelompok B1 Pendidikan Anak Usia Dini Terpadu Pertiwi DWP Kota Banjarmasin. Skripsi, Program Studi PG-PAUD FKIP Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin, Pembimbing Dr. Erny Wahdini, S.Pd., M.Pd.

Kata Kunci: Mengembangkan aspek kognitif, Mencocokkan Bilangan dengan Lambang Bilangan, Model Explicit Instruction, Make A Match dan Media Konkrit.

Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil perkembangan aspek kognitif anak dalam mencocokkan bilangan dengan lambang bilangan. Hal ini terjadi karena anak kurang terlibat aktif dalam pembelajaran, model atau metode belajar yang digunakan kurang bervariasi karena hanya menggunakan buku cetak, anak kurang memahami penjelasan guru. Salah satu upaya yang dilakukan untuk mengembangkan aspek kognitif anak dalam mencocokkan bilangan dengan lambang bilangan dengan menggunakan kombinasi Model Explicit Instruction, Make A Match dan Media Konkrit. pada anak Kelompok B1 Pendidikan Anak Usia Dini Terpadu Pertiwi DWP Kota Banjarmasin.. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui aktivitas guru, aktivitas anak, dan hasil perkembangan anak dalam mencocokkan bilangan dengan lambang bilangan.

Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas. Penelitian ini dilakukan dalam 4 kali pertemuan. Setting penelitian ini dilakukan pada anak Kelompok B1 Pendidikan Anak Usia Dini Terpadu Pertiwi DWP Kota Banjarmasin dengan jumlah anak sebanyak 16 anak yang terdiri dari 8 anak perempuan dan 8 anak laki-laki. Data diperoleh dari lembar observasi aktivitas guru, aktivitas anak dan hasil perkembangan dalam pengembangan kognitif anak. Indikator keberhasilan dalam penelitian ini adalah jika aktivitas guru memenuhi kriteria sangat baik dan aktivitas anak memenuhi kriteria sangat aktif, dan hasil perkembangan memenuhi kategori berkembang sangat baik (BSB).

Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) aktivitas guru saat mengembangkan kognitif melalui Model Explicit Instruction, Make A Match dan Media Konkrit dengan indikator yang ditetapkan, yaitu mendapatkan kriteria sangat baik, (2) aktivitas anak mendapat kriteria sangat aktif (3) hasil perkembangan aspek kognitif anak disetiap pertemuannya terjadi peningkatan dengan mendapatkan bintang ((( dan (((( atau berkembang sangat baik (BSB).

Berdasarkan hasil temuan dalam penelitian dapat disimpulkan aktivitas guru, aktivitas anak, dan hasil perkembangan kognitif anak dalam mencocokkan bilangan dengan lambang bilangan menunjukkan peningkatan yang membaik, sehingga mencapai indikator keberhasilan yang diharapkan. Dan disarankan kepada guru untuk menjadikan bahan pertimbangan dalam pembelajaran di TK dengan menggunakan kombinasi Model Explicit Instruction, Make A Match dan Media Konkrit., karena dapat Mengembangkan hasil perkembangan anak.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI