DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PEMBELAJARAN MENULIS TEKS PIDATO SISWA KELAS IX SMPN 7 BANJARMASIN
PENGARANG:NURINA AMALIYA
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2020-07-29


ABSTRAK Amaliya, Nurina. 2020. Pembelajaran Menulis Teks Pidato dalam Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Pada Kelas IX SMPN 7 Banjarmasin. Skripsi. Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Jurusan Pendidikan Bahasa dan Seni, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lambung Mangkurat, Pembimbing (I) Dr. Zulkifli, M.Pd., (II) Dewi Alfianti, M.Pd. Kata Kunci: Pembelajaran, menulis, teks pidato. Bahasa Indonesia merupakan mata pelajaran wajib di sekolah. Bahasa Indonesia memiliki empat aspek keterampilan di antaranya keterampilan menyimak, keterampilan membaca, keterampilan berbicara, dan keterampilan menulis. Keterampilan menulis merupakan salah satu aspek keterampilan berbahasa yang perlu dimiliki oleh peserta didik, khususnya peserta didik Sekolah Menengah Pertama (SMP). Peserta didik sering mengalami kesulitan dalam keterampilan menulis teks pidato. Kesulitan tersebut meliputi faktor kebahasaan dan struktur untuk membuat teks pidato. Penelitian ini berfokus pada proses pembelajaran menulis teks pidato pada peserta didik kelas IX SMPN 7 Banjarmasin. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Metode penelitian dalam penelitian ini yaitu dengan mengumpulkan data melalui observasi, dan wawancara yang kemudian dianalisis secara deskriptif. Data dalam penelitian ini adalah proses pembelajaran menulis teks pidato. Analisis data dengan empat tahap yaitu mentranskripsi data yang diperoleh dari video ke dalam bentuk tulisan, membaca seluruh data yang sudah di transkripsi kemudian memilah data yang akan dianalisis, menyusun dan mendeskripsikan data yang telah terkumpul, membuat kesimpulan berdasarkan hasil yang ditemukan dan melakukan pemeriksaan ulang (verifikasi data) pada keseluruhan proses analisis data apakah sudah lengkap dan valid. Hasil penelitian ini mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran menulis teks pidato di sekolah. Dalam pembelajaran pelaksanaan ada tiga tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, dan penilaian. Kegiatan perencanaan RPP sesuai dengan kurikulum 2013, guru sudah membuat RPP yang terdiri dari materi, model pembelajaran, alokasi waktu, metode, pendekatan, media, tujuan, kompetensi dan indikator pencapaian pembelajaran. Pelaksanaan terdiri dari tiga kegiatan yaitu pendahuluan, kegiatan inti, dan penutup. Tahap penilaian guru berdasarkan presentasi di depan kelas dan keaktifan dalam pembelajaran.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI