DIGITAL LIBRARY



JUDUL:Meningkatkan Aktivitas, Motivasi, dan Hasil Belajar Siswa Tema Benda-Benda di Sekitar Kita Muatan IPA Menggunakan Kombinasi Model Pembelajaran Inkuiri, Group Investigation (GI) dan Teams Games Tournament (TGT) Pada Kelas V SDN 2 Sungai Besar Banjarbaru
PENGARANG:SYIFA URRAHMAH
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2020-07-30


.Kata Kunci: IPA, Inkuiri, Group Investigation(GI),Teams Games Tournament(TGT).Berdasarkan hasil wawancara dengan wali kelas V SDN 2Sungai Besar Banjarbarudidapatkan infomasi rendahnya hasil belajar siswa pada materi zat tunggal dan zat campuran. Hal ini disebabkan kurangnya kemampuan siswa dalam menangkap materi, siswa cepat bosan dan pasif dalam pembelajaran karena pembelajaran dilakukan dengan satu arah saja, serta siswa mudah lupa dengan materiyang berakibat rendahnya hasil belajar siswa. Oleh karena itu maka dilakukan upaya untuk meningkatkan aktivitas siswa, motivasi belajar siswa, dan hasilbelajar siswa materi zat tunggal dan zat campuranmenggunakankombinasi model Inkuiri, Group Investigation (GI), dan Teams Games Tournament (TGT).Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan aktivitas guru,dan menganalisis aktivitas siswa, motivasi belajar serta hasil belajar siswa materi zat tunggal dan zat campuranpada siswa kelas V SDN 2Sungai Besar Banjarbaru.Jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan sebanyak 4 pertemuan, dilaksanakan di kelas V SDN 2Sungai Besar Banjarbaruyang berjumlah 27orang siswa. Jenis data yang disajikan adalah data kegiatan guru dan siswayang didapat melalui observasi, motivasi belajar siswa yang didapat melalui angket serta data hasil belajar siswa yang didapat melalui tes. Analisis data dilakukan dengan skala persentase dan indikator keberhasilan yang telah guru tetapkan.Hasil penelitian observasi aktivitas guru terlaksana dengankriteria sangat baik. Aktivitas siswa telah mengalami peningkatan mencapai sangat aktifdengan perolehan 100%.Motivasi belajar siswa juga mengalami peningkatan hingga mencapai 96%.Serta ketuntasan hasil belajar siswa secara klasikal pada pertemuan IV mencapai 93% .Berdasarkan temuan dan hasil penelitian ini, dapat disimpulkan bahwa pembelajaran menggunakankombinasi model Inkuiri, Group Investigation (GI), dan Teams Games Tournament (TGT)dapat meningkatkan aktivitas guru, aktivitassiswa, motivasi dan hasil belajar siswa.Disarankan kepada guru di SDN 2Sungai Besar Banjarbaru khususnya pada muatan IPAuntuk dapatmengembangkan pembelajaran yang inovatif untuk meningkatkan kualitas dan mutu pendidikan dengan mengoptimalkan penggunaan media dan model model Inkuiri, Group Investigation (GI), dan Teams Games Tournament (TGT).

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI