DIGITAL LIBRARY



JUDUL:MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA TEMA 8 DAERAH TEMPAT TINGGALKU MUATAN IPS MENGGUNAKAN KOMBINASI MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL), TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) DAN TALKING STICK DI KELAS IV DI SDN KUIN UTARA 5 BANJARMASIN.
PENGARANG:SITI ROSIDAH
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2020-07-30


Rosidah, Siti. 2020. Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa Tema Daerah Tempat Tinggalku Muatan Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) Menggunakan Kombinasi Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL), Teams Games Tournament (TGT) dan Talking Stick Kelas IV Di SDN Kuin Utara 5 Banjarmasin, Skripsi Program Pendidikan Guru Prasekolah dan Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin, Pembimbing Dr. Sulistiyana, M.Pd

 

Kata Kunci: Aktivitas dan Hasil Belajar, Problem Based Learning, Teams Games Tournament dan Talking Stick.

 

Permasalahan penelitian ini yaitu pembelajaran masih dilaksanakan satu arah atau berpusat pada guru. Hal tersebut juga berdampak berkembangnya kreativitas siswa, kondisi pembelajaran kurang menyenangkan dan penyediaan pengalaman belajar yang kurang karna minimnya penerapan model. Sehingga mengakibatkan rendahnya aktivitas dan hasil belajar siswa dalam muatan IPS Tema Daerah Tempat Tinggalku. Salah satu cara meningkatkan aktivitas belajar yaitu  menggunakan kombinasi model Problem Based Learning (PBL), Teams Games Tournament (TGT) dan Talking Stick. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui aktivitas guru meningkatkan hasil pembelajaran, Aktivitas siswa melaksanakan pembelajaran dan meningkatkan hasil belajar siswa.

Pendekatan penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, dengan jenis penelitian ini yaitu Penelitian Tindakan Kelas yang pelaksanaannya terbagi menjadi dua siklus dengan 1 kali pertemuan setiap siklusnya. Dilaksanakan pada kelas IV di SDN Kuin Utara 5 Banjarmasin dengan jumlah 26 siswa. Jenis data penelitian ini yaitu data kualitatif diperoleh melalui lembar observasi aktivitas guru dan siswa serta data kuantitatif diperoleh dari data hasil evaluasi belajar siswa. Indikator keberhasilan adalah jika aktivitas guru mencapai kriteria sangat baik dan aktivitas siswa mencapai kriteria sangat aktif serta hasil belajar individual mencapai nilai ≥70 dan mencapai ketuntasan klasikal ≥80% dari seluruh siswa yang memperoleh nilai ≥70.

Hasil penelitian menunjukkan aktivitas guru pertemuan I mencapai kriteria baik, dan pertemuan II mencapai kriteria sangat baik, pertemuan. Aktivitas siswa pada pertemuan I mencapai kriteria cukup aktif, pertemuan II mencapai kriteria aktif,. Ketuntasan klasikal hasil belajar siswa pada pertemuan I mencapai 46%,  dan pertemuan II mencapai 69%. 

kesimpulan penelitian bahwa kombinasi model Problem Based Learning (PBL), Teams Games Tournament (TGT) dan Talking Stick pada aktivitas guru terlaksana sangat baik, terjadi peningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Disarankan model ini dijadikan salah satu alternatif dasar pengembang pembelajaran dalam meningkatkan aktivitas siswa yang berdampak pada peningkatan hasil belajar siswa.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI