DIGITAL LIBRARY



JUDUL:FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEPUTUSAN PEREMPUAN BERSTATUS MENIKAH UNTUK BEKERJA (STUDI KASUS DI KELURAHAN PEMURUS DALAM KECAMATAN BANJARMASIN SELATAN KOTA BANJARMASIN)
PENGARANG:Safariah
PENERBIT:-
TANGGAL:2018-02-01


Penelitian ini berjudul “Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Keputusan Perempuan Berstatus Menikah untuk Bekerja (Studi Kasus di Kelurahan Pemurus Dalam Kecamatan Banjarmasin Selatan Kota Banjarmasin). Tujuan penelitian untuk menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi keputusan perempuan menikah untuk bekerja. Faktor-faktor yang mempengaruhi yaitu umur, tingkat pendidikan, tingkat pendapatan suami, dan jumlah tanggungan keluarga terhadap keputusan perempuan menikah untuk bekerja.
Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif yang dilakukan di wilayah Kelurahan Pemurus Dalam yang terdiri dari RT.48 dan RW.04. Sampel sebanyak 133 dari populasi 340. Penentuan sampel menggunakan teknik nonprobability sampling dengan cara purposive sampling. Metode pengambilan data yaitu pengamatan langsung, kuesioner, dokumentasi, dan studi kepustakaan. Analisis data yaitu uji instrumen yang digunakan adalah uji validitas dan uji reliabilitas, uji prasyarat data adalah uji normalitas, analisis deskriftif persentas, dan analisis crosstabs dengan uji chi-square.
Hasil penelitian yang diperoleh dalam mengidentifikasi faktor-faktor yang mempengaruhi keputusan perempuan menikah untuk bekerja di Wilayah Kelurahan Pemurus Dalam yang melibatkan 4 variabel. Hasil pengolahan menggunakan analisis crosstabs dengan uji chi-square menunjukkan bahwa terdapat 3 faktor yang memiliki hubungan yaitu faktor tingkat pendidikan (X2) dengan keputusan perempuan menikah untuk bekerja (Y), faktor tingkat pendapatan suami (X3) dengan keputusan perempuan menikah untuk bekerja (Y), dan faktor jumlah tanggungan keluarga (X4) dengan keputusan perempuan menikah untuk bekerja (Y) di Wilayah Kelurahan Pemurus Dalam Kecamatan Banjarmasin Selatan Kota Banjarmasin.
Kata Kunci: Umur, Tingkat Pendidikan, Tingkat Pendapatan Suami, Jumlah Tanggungan Keluarga

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI