DIGITAL LIBRARY



JUDUL:MENGEMBANGKAN AKTIVITAS, KEAKTIFAN DAN HASIL PERKEMBANGAN ANAK DALAM MENIRU GERAKAN BERIBADAH (SHALAT) MENGGUNAKAN DEPTURE OF MYSTERY BOX PADA ANAK KELOMPOK A TK PEMBANGUNAN BANJARMASIN
PENGARANG:DESI FIBERIANTI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2020-07-30


Permasalahan penelitian ini di latar belakangi rendahnya kemampuan anak dalam meniru gerakan shalat dikarenakan kurangnya keaktifan anak dalam meniru gerakan shalat, anak kurang fokus dalam mengikuti kegiatan pembelajaran pada anak kelompok A TK Pembangunan Banjarmasin. Upaya untuk mengembangkan aktivitas, keaktifan dan hasil perkembangan anak yaitu melalui kombinasi model Depture Of Mystery Box. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui aktivitas guru, aktivitas anak. keaktifan belajar dan hasil perkembangan anak dalam menirukan gerakan shalat. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan 4 kali pertemuan. Subjek penelitian ini adalah anak kelompok A TK Pembangunan Banjarmasin, berjumlah 11 orang anak. Jenis data dalam penelitian ini adalah data kualitatif dan kuantitatif, melalui observasi aktivitas guru dan anak. Data kuantitatif diperoleh melalui teknik pengukuran dengan tes secara individu. Analisis data dilakukan dengan teknik deskriptif kualitatif yang di jabarkan dengan tabulasi dan grafik di sajikan dengan indikator keberhasilan perkembangan yang ditetapkan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa aktivitas guru pada pertemuan I mencapai kriteria baik, pertemuan II mencapai kriteria baik, pertemuan III mencapai kriteria sangat baik dan pertemuan IV mencapai kriteria sangat baik. Aktivitas anak pada pertemuan I mencapai kriteria cukup aktif, pertemuan II mencapai kriteria aktif, pertemuan III mencapai kriteria sangat aktif dan pertemuan IV mencapai kriteria sangat aktif. Keaktifan belajar anak pada pertemuan I mencapai kriteria cukup tinggi, pertemuan II mencapai kriteria tinggi, pertemuan III mencapai kriteria sangat tinggi dan pertemuan IV mencapai kriteria sangat tinggi. Ketuntasan klasikal hasil hasil perkembangan anak pada pertemuan I mencapai 45%, pertemuan II mencapai 70%, pertemuan III mencapai 88% dan pertemuan IV mencapai 91%. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa kombinasi model Depture Of Mystery Box dapat meningkatkan aktivitas, keaktifan dan hasil perkembangan anak. Disarankan penggunaan model tersebut sebagai salah satu alternatif dalam meningkatkan aktivitas, keaktifan belajar yang berdampak pada peningkatan hasil perkembangan anak dalam menirukan gerakanshalat
Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI