DIGITAL LIBRARY



JUDUL:MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN ASPEK KOGNITIF ANAK DALAM MEMBILANG BENDA MENGGUNAKAN KOMBINASI MODEL EXPLICIT INSTRUKTION, NUMBERED HEAD TOGETHER, MEDIA PERMAINAN CONGKLAK DAN METODE BERNYANYI DI KELOMPOK B TK AL BADARIYAH KOTA BANJARMASIN
PENGARANG:NOOR HALIDA YANTI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2020-07-30


Pengembangan aspek kognitif anak dalam membilang benda di TK Al Badariyah pada kelompok B masih sangay rendah, dilapangan anak masih terlihat bosan dan jenuh dalam membilang benda, anak hanya mampu menyebutkan secara berurutan namun ketika diminta membilang benda banyak yang belum mampu karena guru lebih banyak menggunakan lembar kerja melalui kegiatan calistung tanpa menghadirkan benda kongkret pada aspek kognitif. salah satu prinsif pengembangan anak usia dini adalah bermain, untuk itu penulis memilih penelitian PTK ini dengan mengkombinasi model explicit instruktion, numbered head together, media permainan congklak  dan metode bernyanyi untuk meningkatkan kemampuan kognitif anak dalam membilang benda.

Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian tindakan kelas PTK yang dilaksanakan 2 siklus pada kelompok B TK Al Badariyah dengan jumlah anak 13 orang dengan menggunakan jenis data kualitatif dalam bentuk tabel, grafik dan presentasi. instrumen yang digunakan adalah lembar observasi aktivitas guru dan anak yang diambil saat proses pembelajaran. indikator keberhasilan penelituan ini yaitu aktivitas guru mendapat skor 30 dengan kategori "sangat baik", aktivitas anak rata-rata kelas dengan presentase 80% dengan kategori "aktif dan sangat aktif" dan hasil pengembangan anak minimal mendapat bintang ***(BSH)

hasil penelitian menunjukkan bahwa kombinasi model explicit instruktion, numbered head together, media permainan congklak  dan metode bernyanyi dapat menimgkatkan aktivitas guru dari skor 25 meningkat menjadi 35 pada pertemuan ke 4 dengan kreteria "sangatbaik" . aktivitas anak dari memperoleh nilai 15% berkembang menjadi 92% pada pertemuan ke 4. pada hasil capaian perkembangan aspek kognitif anak dalam membilang benda berkembang dan dikatakan telah berhasil dengan 13 orang anak yang memperoleh ***(BSH) dan ****( BSB) dengan presentase 100%

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI