DIGITAL LIBRARY



JUDUL:Hubungan Tingkat Pengetahuan Ibu Tentang Kesehatan Gigi dengan Tingkat Keparahan Karies pada Anak di Kabupaten Barito Kuala (Tinjauan Anak Usia 4-5 Tahun di TK Nusa Indah Berangas Kecamatan Alalak)
PENGARANG:NOOR MUTIARI AMALIA
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2020-07-30


ABSTRAK

 

HUBUNGAN TINGKAT PENGETAHUAN IBU TENTANG KESEHATAN GIGI DENGAN TINGKAT KEPARAHAN KARIES PADA ANAK DI KABUPATEN BARITO KUALA

(Tinjauan Anak Usia 4-5 Tahun di TK Nusa Indah Berangas Kecamatan Alalak )

Noor Mutiari Amalia

      Latar Belakang: Kesehatan gigi dan mulut merupakan hal yang tidak dapat dipisahkan.Masalah kesehatan gigi dapat memengaruhi tumbuh kembang anak. Karies gigi atau gigi berlubang merupakan salah satu masalah kesehatan gigi yang sering dijumpai pada anak. Pengetahuan ibu hal yang mendasari terbentuknya perilaku yang mendukung kesehatan gigi dan mulut pada anak. Ibu adalah orang terdekat dengan anak. Peran ibu sangat penting untuk membimbing, memberikan pengertian anak, mengingatkan dan menyediakan fasilitas. Tujuan: Mengetahui hubungan tingkat pengetahuan ibu tentang kesehatan gigi dengan tingkat keparahan karies pada anak di Kabupaten Barito Kuala. Metode:  Penelitian ini menggunakan metode observasional analitik pendekatan cross sectional. Jumlah sampel sebanyak 32 responden dengan pengambilan sampel random sampling. Teknik pengambilan data menggunakan data primer pada ibu dan siswa TK Nusa Indah Berangas Kecamatan Alalak. Instrumen untuk pengukuran tingkat pengetahuan menggunakan kuesioner yang sudah diuji validitas dan reliabilitas, sedangkan pengukuran tingkat keparahan karies berdasarkan indeks def-t. Hasil: Hasil uji spearman menunjukkan (p < 0,05) dengan arah korelasi positif semakin buruk tingkat pengetahuan maka semakin tinggi tingkat keparahan karies. Koefisien korelasi sebesar 0,599 (kekuatan korelasi sedang).  Kesimpulan: Terdapat hubungan tingkat pengetahuan ibu tentang kesehatan gigi dengan tingkat keparahan karies pada anak usia 4-5 tahun di Tk Nusa Indah Berangas Kecamatan Alalak Kabupaten Barito Kuala.

 

 

Kata kunci: Pengetahuan ibu, Karies gigi, Anak usia 4-5 Tahun, Kesehatan gigi dan mulut, Indeks def-t.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI