DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PARTISIPASI MASYARAKAT DALAM PEMELIHARAAN DRAINASE DI KELURAHAN KURIPAN KECAMATAN BANJARMASIN TIMUR
PENGARANG:LITA PUTRI MERIANTY
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2020-07-30


 

ABSTRAK

 

Lita Putri Merianty, 1610411120010, 2020. Partisipasi Masyarakat dalam Pemeliharaan Drainase di Kelurahan Kuripan Kecamatan Banjarmasin Timur. Di Bawah Bimbingan Bapak Nurul Azkar.

Partisipasi Masyarakat didefinisikan sebagai dukungan masyarakat terhadap rencana atau proyek pembangunan yang dirancang dan ditentukan oleh perencana atau diartikan sebagai kerja sama yang erat antara perencana dan masyarakat dalam merencanakan, melaksanakan, melestarikan dan mengembangkan hasil pembangunan yang telah dicapai.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : 1) Partisipasi Masyarakat dalam Pemeliharaan Drainase di Kelurahan Kuripan Kecamatan Banjarmasin Timur. 2) Faktor-faktor yang mempengaruhi partisipasi masyarakat dalam pemeliharaan drainase di Kelurahan Kuripan Kecamatan Banjarmasin Timur.

Metode Penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan tipe penelitian deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data yaitu observasi, wawancara, dan dokumen. Dengan Teknik Analisis data antara lain reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa partisipasi masyarakat dalam pemeliharaan drainase di Kelurahan Kuripan Kecamatan Banjarmasin Timur, yaitu 1) Masyarakat sudah menerapkan kesadaran dalam diri mereka akan pentingnya membersihkan saluran drainase, karna adanya dorongan dalam diri mereka membersihkan drainase terbukti bahwa saluran drainase terlihat cukup bersih tidak ada satupun sampah yang terlihat. 2) Keikutsertaan masyarakat dalam kegiatan membersihkan drainase dilakukan secara gotong royong. 3) Masyarakat setempat memberikan sumbangan berbentuk uang ataupun benda yang dilakukan secara sukarela, dimana hal tersebut dapat memperlancar jalannya sebuah kegiatan salah satunya membersihkan saluran drainase.

 

 

 

Kata Kunci: Partisipasi Masyarakat, Pemeliharaan, Saluran Drainase

 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI