DIGITAL LIBRARY



JUDUL:MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS MATERI KERAGAMAN EKONOMI MENGGUNAKAN KOMBINASI MODEL INQUIRY, STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION, DAN WORD SQUARE PADA SISWA KELAS IVB SDN SUNGAI JINGAH 4 BANJARMASIN
PENGARANG:NUR APRIANI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2020-07-30


Permasalahan yang terjadi di kelas IVB SDN Sungai Jingah 4 Banjarmasin pada siswa dalam adalah rendahnya hasil belajar siswa kelas IVB. pada muatan IPS materi Keragaman Ekonomi dari KKM 65 dengan ketuntasan 35% (10 siswa dari 31 siswa). Penyebabnya adalah siswa kurang terlibat dalam proses pembelajaran, pembelajaran yang bersifat satu arah, pembelajaran tidak konkrit, siswa belum dilibatkan dalam kegiatan yang menggali kemampuan berkomunikasi, bekerjasama dan berkompetisi dalam masyarakat. Oleh karena itu, perlu dilakukan peningkatan hasil belajar siswa, yaitu menggunakan kombinasi model Inquiry, Student Team Achievement Division, Dan Word Square pada siswa kelas IV SDN Sungai Jingah 4 Banjarmasin. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui aktivitas guru, aktivitas siswa, dan hasil belajar.

Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Dengan jenis penelitian yaitu Penelitian Tindakan Kelas dan menggunakan dua jenis data yaitu data kualitatif dan kuantitatif yang dilaksanakan dalam tiga kali pertemuan. Dengan tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan serta refleksi. Data dianalisis dari hasil observasi dan tes evaluasi belajar. Setting penelitian ini adalah siswa kelas IVB SDN Sungai Jingah 4 Banjarmasin  ajaran 2019/2020 dengan jumlah siswa 35 orang terdiri dari 23 orang siswa orang laki-laki dan 12 orang siswa perempuan.

Hasil penelitian ini menunjukkan aktivitas guru pada pertemuan I terlaksana dengan baik, pertemuan II terlaksana dengan sangat baik dan pertemuan III terlaksana dengan sangat baik. Aktivitas siswa pada pertemuan I mencapai kriteria aktif, pertemuan II mencapai kriteria aktif, dan pertemuan III mencapai kriteria sangat aktif. ketuntasan klasikal hasil belajar siswa pada pertemuan I mencapai 66%, pertemuan II mencapai 80%, dan pertemuan III mencapai 94%.

Berdasarkan hasil penelitian ini maka dapat disimpulkan bahwa pembelajaran IPS materi keragaman ekonomi dengan menggunakan kombinasi model Inquiry, Student Team Achievement Division, Dan Word Square dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada kelas IVB SDN Sungai Jingah 4 Banjarmasin. Disarankan kepada guru agar dijadikan alternatif dalam meningkatkan hasil belajar siswa. Khususnya materi Keragaman Ekonomi.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI