DIGITAL LIBRARY



JUDUL:ANALISIS HASIL BELAJAR DAN AKTIVITAS SISWA PADA MUATAN BAHASA INDONESIA TEMA INDAHNYA KEBERAGAMAN DI NEGERIKU MENGGUNAKAN KOMBINASI MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION (CIRC), SCRAMBLE DAN TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) PADA KELAS IV DI SEKOLAH DASAR
PENGARANG:GUSTI NIRMALA HAYATI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2020-07-30


 

ABSTRAK

 

Hayati, Gusti Nirmala. 2020. Analisis Hasil Belajar dan Aktivitas Siswa Pada Muatan Bahasa Indonesia Tema Indahnya Keberagaman Di Negeriku Menggunakan Kombinasi Model Pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition(CIRC), Scramble dan Teams Games Tournament(TGT)  Pada Kelas IV Di Sekolah Dasar”. Skripsi Program Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lambung Mangkurat. DosenPembimbing: Dr. Nanik Mariani, M.Pd.

 

Kata Kunci: Aktivitas, Hasil Belajar,Bahasa Indonesia, dan Model Cooperative Integrated Reading and Composition(CIRC), Scramble dan Teams Games Tournament(TGT).

 

 

 

Pentingnya pembelajaran Bahasa Indonesia pada Era Globalisasi adalah sebagai alat komunikasi dasar dalam kehidupan. Tujuan pembelajaran Bahasa Indonesia salah satunya untuk mengembangkan aspek berbahasa dan cara berpikir siswa secara kritis, logis dan sistematis. Namun kenyataan yang terjadi, pembelajaran Bahasa Indonesia di Sekolah Dasar khususnya di SDN Kupang Rejo Kabupaten Banjar dan di SDN Gambut 2 Kabupaten Banjar memiliki permasalahan seperti rendahnya aktivitas siswa belajar dan kurangnya keaktifan siswa saat proses pembelajaran. Pembelajaran yang aktif dan menyenangkan dengan menggunakan model Cooperative Integrated Reading and Composition(CIRC), Scramble dan Teams Games Tournament(TGT) merupakan salah satu solusi yang tepat. Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan aktivitas siswa, aktivitas guru, dan hasil belajarsiswakelas IV di Sekolah Dasar.

 

Penelitian ini menggunakan data sekunder sesuai analisis yang digunakan dalam Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dilaksanakan 3 kali pertemuan oleh Miftahul Isra (2018) dan Andrean Adi Mulia (2019). Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV semester genap di SDN Kupang Rejo Kabupaten Banjar jumlah siswa 21 orang dan di SDN Gambut 2 Kabupaten Banjar jumlah siswa 22orang. Analisis data sekunder dalam penelitian ini dengan memanfaatkan data hasil penelitian terdahulu.

 

Hasil data sekunder aktivitas guru pada pertemuan I mencapai skor 14 kriteria “baik”, meningkat pada pertemuan III mencapai skor 18 kriteria “sangat baik”. Aktivitas siswa pertemuan I pada penelitian oleh Miftahul Isra (2018) mencapai 48% dengan kriteria “aktif’ dan “sangat aktif”, dan Andrean Adi Mulia (2019) mencapai 48,1% dengan kriteria “aktif’ dan “sangat aktif”, pada pertemuan III oleh Miftahul Isra (2018) mencapai 84% dengan kriteria “aktif’ dan “sangat aktif” dan Andrean Adi Mulia mencapai 86% dengan kriteria “aktif’ dan “sangat aktif”. Klasikal ketuntasan hasil belajar siswa pertemuan I oleh Miftahul Isra (2018) mencapai 45% dan Andrean Adi Mulia (2019) mencapai 62%, meningkat pada pertemuan III oleh Miftahul isra (2018) mencapai 77% dan oleh Andrean Adi Mulia (2019) mencapai 90%. Dengan demikian model Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC), Scramble dan Teams Games Tournament (TGT)dapat meningkatkan aktivitas guru, aktivitas siswa, dan hasil belajar siswa.

 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI