DIGITAL LIBRARY



JUDUL:MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA PADA MUATAN PKN TEMA 8 LINGKUNGAN SAHABAT KITA DENGAN MENGGUNAKAN KOMBINASI MODEL INKUIRI, NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) DAN COURSE REVIEW HORAY (CRH) PADA SISWA KELAS V SDN KUIN UTARA 5 BANJARMASIN
PENGARANG:RIZKA KHOIROTUN NISA
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2020-08-01


 

Nisa, Rizka Khoirotun. 2020. Meningkatkan Aktivitas Belajar Siswa Pada Muatan Pkn Tema 8 Lingkungan Sahabat Kita Dengan Menggunakan Kombinasi Model Inkuiri,, Numbered Heads Together (NHT), dan Course Review Horay (CRH) pada Siswa Kelas V SDN Kuin Utara 5 Banjarmasin Utara. Skripsi Program Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Lambung Mangkurat. Pembimbing: Dr. Noorhapizah, ST.,M.Pd.

 

Kata Kunci      : Aktivitas Belajar, Inkuiri, Numbered Heads Together (NHT), dan Course Review Horay (CRH)

 

Penelitian ini dilatar belakangi pada rendahnya Aktivitas belajar siswa  karena siswa tidak mau bekerjasama dalam memecahkan tugas yang diberikan dan masih banyak yang belum berpartisipasi aktif dalam tugas kelompok. Oleh karena itu, diperlukan strategi yang tepat untuk meningkatkan aktivitas belajar siswa pada muatan PKn tema 8 Lingkungan Sahabat Kita menggunakan kombinasi model Inkuiri,, Numbered Heads Together (NHT), dan Course Review Horay (CRH))pada siswa kelas V SDN Kuin Utara 5 Banjarmasin.

 

Penelitian ini dilakukan dengan pendekatan kualitatif dengan jenis Penelitian Tindakan Kelas yang dilaksanakan dalam 4 Pertemuan.Subjek penelitian adalah siswa kelas V SDN Kuin Utara 5 Banjarmasin Utara dengan jumlah 28 orang siswa. Jenis data yang diambil merupakan data kualitatif dan kuantitatif

 

Hasil penelitian menunjukkan bahwa Aktivitas guru Pertemuan I mencapai kriteria baik, Pertemuan II mencapai kriteria sangat baik, Pertemuan III mencapai kriteria sangat baik danPertemuan IV mencapai kriteria sangat baik. Aktivitas siswa pada Pertemuan I mencapai kriteria cukup aktif, Pertemuan II mencapai kriteria aktif, Pertemuan III mencapai kriteria aktif dan Pertemuan IV mencapai kriteria sangat aktif. Ketuntasan klasikal hasil belajar siswa pada Pertemuan I mencapai 43,44%, Pertemuan II mencapai 69%, Pertemuan III mencapai 86,2% dan Pertemuan IV mencapai 96,6%.

 

Berdasarkan temuan ini dapat disimpulkan bahwa kombinasi model Inkuiri,, Numbered Heads Together (NHT), dan Course Review Horay (CRH) dapat meningkatkan Aktivitas belajar pada Muatan PKn tema 8 Lingkungan Sahabat Kita dikelas V SDN Kuin Utara 5 Banjarmasin Utara dan hipotesis dapat diterima. Disarankan dengan penggunaan model tersebut dapat dijadikan salah satu alternatif dalam meningkatkan hasil belajar yang berdampak pada peningkatan aktivitasl belajar siswa, khususnya pada pelajaran PKn tema Lingkungan Sahabat Kita.

 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI