DIGITAL LIBRARY



JUDUL:Nilai Disiplin Dalam Pendidikan Nonformal Rindam VI/ Mulawarman Sebagai Sumber Pembelajaran IPS
PENGARANG:HERMANSYAH
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2020-08-02


Abstrak

Hermansyah. 2020. Nilai Disiplin Dalam Pendidikan Nonformal Rindam VI/ Mulawarman Sebagai Sumber Pembelajaran IPS. Skripsi Program Studi Pendidikan IPS FKIP ULM. Pembimbing I: Dr. Syaharuddin, MA dan Pembimbing II: Mutiani, M. Pd.

            Pendidikan nonformal dilakukan bagi sejumlah orang yang membutuhkan pembekalan pengetahuan, keterampilan, dan sikap pengembangan diri untuk menjadi warga negara yang baik. Kenyataannya penyelenggaraan pendidikan nonformal dalam pelaksanaannya bukan hal yang mudah, dan sangat jarang keberhasilan didapat secara sempurna. Merespon hal itu maka pemanfaatan Rindam VI/ Mulawarmansebagai tempat pelaksana pelatihan dalam menanamkan kedisiplinan kepada peserta didik dalam membentuk mental dan nilai karakter yang kuat dalam menjadikan warga negara yang baik, sehingga nilai disiplin yang ditunjukkan melalui aktivitas pendidikan nonformal di Rindam VI/ Mulawarman dapat diinternalisasikan sebagai sumber pembelajaran IPS di sekolah. Tujuan penelitian: 1) Mendeskripsikan pendidikan nonformal Rindam VI/ Mulawarman. 2) Mengidentifikasi nilai disiplin dalam pendidikan nonformal Rindam VI/ Mulawarman. 3) Menganalisis nilai disiplin dalam pendidikan nonformal Rindam VI/ Mulawarman dapat dijadikan sebagai sumber pembelajaran IPS.

            Penelitian kualitatif digunakan dengan metode deskriptif pada penelitian ini. Peneliti mempergunakan teknik pengumpulan data observasi partisipatifkarena peneliti ikut serta pada aktivitas pelatihan yang dilakukan oleh instansi terkait di Dodik Bela Negara Rindam VI/ Mulawarman, wawancara dengan pihak Rindam VI/ Mulawarman, peserta pelatihan pendidikan, akademisi, dan dokumentasi. Penelitian ini menggunakan analisis data Miles and Huberman melalui reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data sebagai penarikan kesimpulan. Keabsahan data melalui triangulasi, perpanjangan pengamatan, dan member check.

            Hasil penelitian: 1) Pendidikan nonformal dilaksanakan di Dodik Bela Negara Rindam VI/ Mulawarman. Dodik Bela Negara memiliki tujuan diluar program Rindam VI/ Mulawarman yaitu diklat bintalfisdis karyawan BUMN, Perusahaan, Bank, Resimen Mahasiswa, dan kader bela negara peserta didik SMA dan SMK Se-Kalsel. 2) Nilai disiplin dalam pendidikan nonformal Rindam VI/ Mulawarman memiliki empat indikator, yaitu disiplin mematuhi aturan dan tata tertib, ketepatan waktu, menjaga kebersihan, dan berpakaian rapi. Nilai disiplin dapat terlihat dari aktivitas peserta pelatihan pendidikan di Rindam VI/ Mulawarman saat peserta mematuhi aturan yang diberikan,mengikuti semua kegiatan dengan datang tepat waktu sebelum pembelajaran dimulai, mengikuti PUUD selama di Barak, mengikuti aturan saat makan, melakukan kebersihan pagi dan sore hari, dan berpakaian lengkap sesuai atribut. 3) Aktivitas pembinaan disiplin di Rindam VI/ Mulawarman dapat diterapkan di sekolah dengan semua pihak konsisten dalam pembinaan disiplin dan diintegrasikan dalam pembelajaran IPS dari peraturan datang tepat waktu, menjaga kebersihan di kelas dan lingkungan sekolah, serta berpakaian rapi sesuai atribut.

Kata Kunci: Pendidikan Nonformal, Nilai Disiplin, dan Sumber Pembelajaran IPS

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI