DIGITAL LIBRARY
JUDUL | : | KINERJA PERUSAHAAN DAERAH AIR MINUM (PDAM) INTAN BANJAR DALAM PENYEDIAAN AIR BERSIH DI KECAMATAN ALUH-ALUH | |
PENGARANG | : | SYAIFUL ANWAR | |
PENERBIT | : | UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT | |
TANGGAL | : | 2020-08-03 |
ABSTRAK
SYAIFUL ANWAR, 1610411310033, 2020. Kinerja Perusahaan Daerah Air
Minum (PDAM) Intan Banjar Dalam Penyediaan Air Bersih Di Kecamatan
Aluh-Aluh Kabupaten Banjar . Di Bawah Bimbingan Erma Ariyani.
Kinerja Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) sangatlah vital, terutama
menyangkut kebutuhan air bersih untuk masyarakat. Berbagai upaya perbaikan
sudah dilakukan dengan serius, meskipun demikian hasilnya tetap belum optimal.
Karena masih belum meratanya distribusi air, masih adanya praktik calo dan kurang
efisiensinya waktu dalam penanganan aduan kebocoran.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui; 1) Kinerja Perusahaan Daerah
Air Minum (PDAM) Intan Banjar Dalam Penyediaan Air Bersih Di Kecamatan
Aluh-Aluh Kabupaten Banjar 2) Faktor-faktor yang menghambat Kinerja
Perusahaan Daerah Air Minum Intan Banjar Dalam Penyediaan Air Bersih Di
Kecamtan Aluh-Aluh Kabupaten Banjar.
Metode penelitan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan
penetian deskriptif kualitatif. Mengunakan informan penelitan. Teknik
pengumpulan data yaitu, Observasi, Wawancara, dan Dokumen. Teknik analisis
data meliputi Reduksi Data, Penyajian Data, dan Penarikan Kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukan bahwa Kinerja PDAM Iintan Banjar belum
optimal karena belum meratanya distribusi air, masih ada jasa calo, dan kurang
efektifnya waktu dalam penanganan pelayanan pengaduan. Tetapi dalam hal proses
pembayaran rekening pelayanan sudah optimal.
Hasil penelitian ini disarankan; 1) Meningkatkan Kinerja PDAM Intan
Banjar dengan cara memotivasi atau memberikan reward kepada pegawai agar
pelayanan bisa maksimal diberikan, dan meningkatkan konsistensi dalam
penyediaan air bersih di wilayah yang belum terjangkau. 2) Menindak tegas apabila
calo, agar tidak merugikan masyarakat 3) Pihak PDAM Intan Banjar harus
memaksimalkan waktu dalam perbaikan agar masyarakat tidak mengeluhkan
terhadap estimasi waktu yang sudah dijanjikan, dan khususnya untuk
pendistribusian agar bisa menjangakau wilayah yang belum terdistribusi.
Kata Kunci: Kinerja, Distribusi Air, PDAM Intan Banjar
NO | DOWNLOAD LINK |
1 | FILE 1 |
File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI