DIGITAL LIBRARY



JUDUL:KINERJA PERUSAHAAN DAERAH AIR MINUM (PDAM) INTAN BANJAR DALAM PENYEDIAAN AIR BERSIH DI KECAMATAN ALUH-ALUH
PENGARANG:SYAIFUL ANWAR
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2020-08-03


ABSTRAK

SYAIFUL ANWAR, 1610411310033, 2020. Kinerja Perusahaan Daerah Air 

Minum (PDAM) Intan Banjar Dalam Penyediaan Air Bersih Di Kecamatan 

Aluh-Aluh Kabupaten Banjar . Di Bawah Bimbingan Erma Ariyani.

 Kinerja Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) sangatlah vital, terutama 

menyangkut kebutuhan air bersih untuk masyarakat. Berbagai upaya perbaikan 

sudah dilakukan dengan serius, meskipun demikian hasilnya tetap belum optimal. 

Karena masih belum meratanya distribusi air, masih adanya praktik calo dan kurang 

efisiensinya waktu dalam penanganan aduan kebocoran.

 Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui; 1) Kinerja Perusahaan Daerah

Air Minum (PDAM) Intan Banjar Dalam Penyediaan Air Bersih Di Kecamatan 

Aluh-Aluh Kabupaten Banjar 2) Faktor-faktor yang menghambat Kinerja 

Perusahaan Daerah Air Minum Intan Banjar Dalam Penyediaan Air Bersih Di 

Kecamtan Aluh-Aluh Kabupaten Banjar.

 Metode penelitan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan 

penetian deskriptif kualitatif. Mengunakan informan penelitan. Teknik 

pengumpulan data yaitu, Observasi, Wawancara, dan Dokumen. Teknik analisis 

data meliputi Reduksi Data, Penyajian Data, dan Penarikan Kesimpulan.

 Hasil penelitian menunjukan bahwa Kinerja PDAM Iintan Banjar belum 

optimal karena belum meratanya distribusi air, masih ada jasa calo, dan kurang 

efektifnya waktu dalam penanganan pelayanan pengaduan. Tetapi dalam hal proses 

pembayaran rekening pelayanan sudah optimal.

 Hasil penelitian ini disarankan; 1) Meningkatkan Kinerja PDAM Intan 

Banjar dengan cara memotivasi atau memberikan reward kepada pegawai agar 

pelayanan bisa maksimal diberikan, dan meningkatkan konsistensi dalam 

penyediaan air bersih di wilayah yang belum terjangkau. 2) Menindak tegas apabila 

calo, agar tidak merugikan masyarakat 3) Pihak PDAM Intan Banjar harus 

memaksimalkan waktu dalam perbaikan agar masyarakat tidak mengeluhkan 

terhadap estimasi waktu yang sudah dijanjikan, dan khususnya untuk 

pendistribusian agar bisa menjangakau wilayah yang belum terdistribusi.

Kata Kunci: Kinerja, Distribusi Air, PDAM Intan Banjar

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI