DIGITAL LIBRARY



JUDUL:UPAYA MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN ASPEK MOTORIK HALUS DALAM MENGGUNTING SESUAI DENGAN POLA MENGGUNAKAN KOMBINASI MODEL EXPLICIT INTRUCTION DAN TALKING STICK SERTA MEDIA GAMBAR PADA ANAK KELOMPOK B TK PKK PELAMBUAN BANJARMASIN
PENGARANG:RAHMATUL ASHFIA
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2020-08-03


ABSTRAK

Ashfia,Rahmatul. 2020. “Mengembangkan Kemampuan Fisik Motorik Halus Anak Dalam Menggunting Sesuai Dengan Pola Menggunakan Kombinasi Model Explicit Intruction Dan Talking Stick Serta Media Gambar. Pada Kelompok B TK PKK Pelambuan Banjarmasin. Skripsi. Program PG-PAUD FKIP Unlam Banjarmasin”. Pembimbing  Dr.H.Metroyadi,SH., M.Pd.

 

Kata Kunci:   Motorik Halus,Menggunting Sesuai Dengan Pola, ModelExplicitInstruction,ModelTalking Stick, danMedia Gambar

Penelitianiniberlatarbelakang padarendahnyaaspekmotorikhalus anak dalammenggunting sesuai pola, motorikhalusyang belumterbiasadilatihdanpembelajaranyangmonoton.Apabila masalah ini tidak dipecahkandampaknyaanak akan mengalami kesulitan dalam kemampuan aspek motorik halusanak. untuk mengatasi hal tersebut maka pembelajaran melalui kombinasi model explicit instruction dan talking stick serta media. Tujuan penelitian iniadalah untuk mengetahui aktivitasguru,aktivitas anakdan capaianperkembangandalammenggunting sesuai pola

Pendekatan penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dan jenis penelitian adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Peneltian ini dilaksanakan tiga kali pertemuan. Setting penelitianini dilaksanakan dikelompok B TK PKK Pelambuan Banjarmasin. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dengan indikator keberhasilan aktivitas anak dikatakan berhasil apabila mencapai kriteriasangat aktif,aktivitas guru dikatakan berhasil apabila mencapai kriteria sangat baik. Hasil capaian perkembangan anak minimal 82% mendapat nilai««« dan««««.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan menggunakan kombinasi model explicit instruction dan talking stick aktivitas anak meningkat pada pertemuan 3 dengan hasil sangat aktif, aktivitas guru mengalami peningkatan dalam tiga kali pertemuan dengan kriteria sangat baik, dan hasil capaian perkembangan kemampuan anak mengalami peningkatan pada pertemuan terakhir dengan kategori Berkembang Sangat Baik (BSB).

Berdasarkan hasil temuan dalam penelitian ini, dapat disimpulkan bahwa dengan penggunaan kombinasi model explicit instruction dan talking stick serta media gambar dapat meningkatkan hasil aktivitas guru, aktivitas anak dan capaian perkembangan anak pada setiap pertemuannya. Dengan penelitian ini pula, hendaknya guru lebih terampil dalam menggunakan model-model dan media pembelajaran yang variatif, sehingga anak dapat termotivasi dalam kegiatan belajar secara keseluruhan.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI