DIGITAL LIBRARY



JUDUL:MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOMBINASI PROBLEM BASED LEARNING, TEAMS GAMES TOURNAMENT, DAN TALKING STICK DI KELAS V SDN ALALAK PADANG KABUPATEN BANJAR
PENGARANG:RIKY RAHMAN
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2020-08-03


Rahman, Riky. 2020. Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran Matematika Dengan Menggunakan Model Pembelajaran  Kombinasi Problem Based Learning, Teams Games Tournament, Dan Talking Stick Di Kelas V Sdn Alalak Padang. Skripsi Program Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lambung Mangkurat. Dosen Pembimbing: Dr. H. Metroyadi, SH, M.Pd

 

Kata Kunci: Aktivitas Belajar, Hasil Belajar,  Problem Based Learning, Teams Games Tournament, Talking Stick

Permasalahan penelitian ini adalah rendahnya aktivitas belajar matematika di kelas yang mengakibatkan hasil belajar menjadi rendah. Hal ini disebabkan karena pembelajaran bersifat konvensional, kurang menerapkan kegiatan yang menyenangkan, serta siswa hanya mau bekerja sama dengan teman akrab saja. Solusi untuk mengatasi permasalahan tersebut dengan menggunakan kombinasi model pembelajaran Problem Based Learning, Teams Games Tournament, dan Talking Stick.Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan aktivitas guru, aktivitas siswa, dan menganalisis peningkatan hasil belajar siswa.

Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam empat kali pertemuan. Subjek penelitian adalah siswa kelas V SDN Alalak Padang Kabupaten Banjar tahun pelajaran 2019/2020, dengan jumlah siswa sebanyak 16 orang siswa. Data dianalisis secara kualitatif melalui instrumen penelitian berupa lembar observasi guru dan siswa dengan indikator keberhasilan aktivitas guru ≥ 30 (Sangat Baik) dan aktivitas siswa ≥60% (Sangat Aktif dan Aktif). Sedangkan data kuantitatif diperoleh melalui hasil belajar siswa dengan indikator keberhasilan secara klasikal ≥80%.

Hasil penelitian menunjukkan aktivitas guru pertemuan 1 memperoleh skor 29 kriteria “Baikmeningkat pada pertemuan 4 mencapai skor 36 kriteria “Sangat Baik. Aktivitas siswa pertemuan 1 memperoleh 31% kriteria “Aktif dan Sangat Aktifmeningkat pada pertemuan 4 mencapai 100% kriteria “Aktif dan Sangat Aktif. Ketuntasan klasikal hasil belajar siswa pada pertemuan 1 aspek kognitif 44%meningkat pada pertemuan 4 aspek kognitif100%.

Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa kombinasi model pembelajaran Problem Based Learning, Teams Games Tournament, dan Talking Stick dapat meningkatkan aktivitas guru, aktivitas siswa, hasil belajar siswa dan hipotesis dapat dicapai sehingga dapat disarankan kepada guru untuk dijadikan sebagai salah satu alternatif untuk memperbaiki pembelajaran guna meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa, khususnya pada pembelajaran matematika materi penyajian data.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI