DIGITAL LIBRARY



JUDUL:MENINGKATKAN AKTIFITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA TEMA INDAHNYA KERAGAMAN DI NEGERIKU PADA MUATAN PELAJARAN BAHASA INDONESIA MATERI MENENTUKAN GAGASAN POKOK MENGGUNAKAN KOMBINASI MODEL PEMBELAJARAN SECRET BALL (SCRAMBLE, PICTURE AND PICTURE, DAN SNOWBALL THROWING) DI KELAS IV SDN SUNGAI MIAI 1 BANJARMASIN
PENGARANG:ILHAM SYABANA
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2020-08-03


 

ABSTRAK

 

Sya’bana, Ilham. 2020. Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa Tema Indahnya Keragaman di Negeriku Pada Muatan Pelajaran Bahasa Indonesia Materi Menentukan Gagasan Pokok Menggunakan Kombinasi Model Pembelajaran Secret Ball (Scramble, Picture and Picture, dan Snowball Throwing) di Kelas IV SDN Sungai Miai 1 Banjarmasin. Skripsi Program Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Fakultas keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin. Pembimbing Dr. H. Metroyadi, S.H., M.Pd.

 

Kata Kunci: Meningkatkan Aktivitas Belajar, Kombinasi Model

 

Secret Ball (Scramble, Picture and Picture, dan Snowball Throwing).

 

Permasalahan dalam penelitian ini adalah aktivitas belajar siswa masih rendah yang membuat rendahnya hasil belajar siswa di kelas IV SDN Sungai Miai 1 Banjarmasin. Penyebabnya yaitu kurang dikuasainya metode dan model pembelajar dan siswa kurang terlibat secara aktif ketika belajar serta kurangnya pemahaman dasar terkait materi yang diajarkan.Salah satu upaya meningkatkan aktivitas siswa yaitu dengan menggunakan kombinasi model Secret Ball (Scramble, Picture and Picture, dan Snowball Throwing) Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis kualitas aktivitas guru, aktivitas siswa, dan untuk meningkatkan hasil belajar siswa.

 

Penelitian menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dengan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan empat kali pertemuan. Target penelitian adalah siswa kelas IV pada semester genap SDN Sungai Miai 1 Banjarmasin tahun pelajaran 2019/2020 yang berjumlah 20 orang. Jenis data dalam penelitian ini kualitatif dan kuantitatif diperoleh melalui aktivitas guru, siswa, dan hasil belajar siswa.

 

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa aktivitas guru pada pertemuan I dan II mencapai kriteria Cukup Baik, pertemuan III mencapai kriteria Baik dan pertemuan IV mencapai kriteria sangat Baik. Aktivitas siswa pada pertemuan I mencapai kriteria kurang aktif, pada pertemuan II mencapai kriteria kurang aktif, pada pertemuan ke III mencapai kriteria aktif, pada pertemuan terakhir IV mencapai kriteria sangat aktif. Pada pertemuan I ketuntasan hasil klasikal belajar siswa 18%, Pada pertemuan II ketuntasan hasil klasikal belajar siswa 43%, Pada pertemuan III ketuntasan hasil klasikal belajar siswa 60%, Pada pertemuan IV ketuntasan hasil klasikal belajar siswa 90%.

 

Berdasarkan temuan ini dapat disimpulkan penerapan kombinasi model Secret Ball (Scramble, Picture and Picture, dan Snowball Throwing) pada aktivitas guru terlaksana dengan baik, serta peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa, sehingga hipotesis dapat diterima. Disarankan kombinasi model Secret Ball (Scramble, Picture and Picture, dan Snowball Throwing).

 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI