DIGITAL LIBRARY



JUDUL:INTERAKSI SOSIAL PENAMBANG INTAN CEMPAKA SEBAGAI SUMBER BELAJAR IPS
PENGARANG:AHMAD MAULANA
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2020-08-04


                                                                                                 ABSTRAK

Ahmad Maulana. 2020. Interaksi Sosial Penambang Intan Cempaka Sebagai Sumber Belajar IPS. Skripsi program studi pendidikan IPS. Fakultas keguruan dan ilmu pendidikan. Pembimbing I: Dr. Bambang Subiyakto, M. Hum dan pembimbing II: Mutiani, M. Pd.

 

Kebutuhan peserta didik akan konten lokal dalam pembelajaran sangat diperlukan. Hal tersebut dikarenakan akan memudahkan peserta didik memahami konten materi yang ada di buku teks. Interaksi sosial penambang intan Cempaka Banjarbaru bisa dijadikan sebagai bahan untuk sumber belajar IPS. Tujuan penelitian ini: 1) menjelaskan kondisi objektif Tambang Intan Cempaka. 2) Menjelaskan jenis interaksi penambang Intan Cempaka. 3) Menjelaskan kesesuaian interaksi sosial penambnag Intan Cempaka sebagai sumber belajar IPS.

Pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif digunakan dalam penelitian ini untuk menggambarkan interaksi penambang Intan secara holistik. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan pengamatan kondisi dan dan kegiatan menambnag Intan, wawancara dengan penambang, pejabat pemerintah, akademisi, serta dokumentasi dalam bentuk gambar. Analisis data menggunakan Miles & Huberman yang dimana reduksi data berdasarkan tujuan penelitian, penyajian data dalam bentuk kata-kata dan dilengkapi dengan gambar dan tabel, serta verifikasi data dalam bentuk penarikan kesimpulan. Uji keabsahan data menggunakan perpanjangan pengamatan, member check, dan triangulasi.

Hasil penelitian: 1) kondisi objektif tambang Intan Cempaka meliputi aspek geografis dimana lokasi yang berada di Banjarbaru berbatasan dengan Kabupaten Banjar dan Tanah Laut. Kondisi penggunaan lahan pertambangan berada di posisi kedua setelah semak belukar. Rata-rata penambang dari Banjarbaru dan tingkat pendidikan yang ditempuh lulusan sekolah dasar. 2) Jenis interaksi penambnag intan cempaka dikategorikan menjadi 3 yaitu: interaksi antar penambang, interaksi antara kelompok penambang, dan interaksi antara kelompok tambang dengan pembelantik. Jenis interaksi tersebut membuat bentuk interaksi sosial yaitu kerjasama, dan akomodasi. 3) Pemanfaatan interaksi sosial penambang Intan sebagai sumber belajar IPS dapat dilihat dari kompetensi dasar dengan materi. Beberapa sub bahasan yang yang sesuai yaitu, interaksi sosial, potensi sumber daya alam, interaksi antar ruang, perubahan akibat interaksi sosial, kondisi alam Indonesia.

Konsep: Interaksi sosial, Tambang Rakyat, Sumber Belajar IPS

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI