DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PERAN PEMERINTAH DAERAH DALAM PENYELESAIAN SENGKETA KONFLIK LAHAN KABUPATEN KOTABARU
PENGARANG:M. HAFIDZ ANSHORI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2020-08-04


ABSTRAK

Muhammad Hafidz Anshori D1B115421 Peran Pemerintah Daerah Dalam Penyelesaian Konflik Lahan Kabupatan Kotabaru Dibimbing oleh Ibu Dr. Andi Tenri Sompa,S.IP, M.Si selaku dosen pembimbing satu dan Bapak Drs. H. Apriansyah M.Si selaku dosen pembimbingan dua.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui lahan HGU yang terjadi antara petani penggarap dengan PT. Bumiraya Investindo di Desa Tanjung Pelayar dan Desa Tanjung Sungkai Kecamatan Pulau Laut Tanjung Selayar.

Dalam penelitian ini menggunakan tipe penelitian yang bersifat deskritif kualitatif. Pada penelitian ini, informan penelitian di tentukan dengan teknik Triangulasi. Dimana teknik ini merupakan gabungan dari tiga teknik yaitu teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian melalui tiga alur yaitu reduksi data, penyajian data dan verifikasi data serta penarikan kesimpulan.

Hasil penelitian proses penyelesaian konflik yang dilakukan oleh Pemerintah Kabupaten dan daerah sendiri sering kali belum maksimal sehingga konflik tersebut berkepanjangan dan berujung pada penyelesaian melalui jalur hukum karena ketidakpuasan kedua belah pihak. Seharusnya Peran Pemerintah Daerah sangatlah penting dalam upaya penyelesaian jika terjadinya konflik yang melibatkan perusahaan dan masyarakat. Peran Pemerintah Kabupaten Kotabaru dalam melakukan penyelesaian telah melakukan proses mediasi berkerja sama dengan pihak-pihak terkait namun hasil yang di capai belum maksimal. pengamanan dan pengawasan pada lahan yang sedang dalam proses penyelesaian guna menghindari penggarapan dari pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab.            Berdasarkan hal tersebut, maka disarankan  kepada pemerintah Kabupaten Kotabaru dalam proses penyelesaian konflik yang terjadi di wilayah Desa Tanjung Pelayar dan Desa Tanjung Sungkai melakukan proses penyelesaian yang lebih maksimal lagi agar kedua belah pihak merasa puas dengan musyawarah/mediasi yang dilaksanakan agar hal tersebut tidak menimbulkan konflik yang berkepanjangan.

Kata Kunci: Peran, Pemerintah Kabupaten Kotabaru, Penyelesaian Konflik, Sengketa Lahan.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI