DIGITAL LIBRARY



JUDUL:FUNGSI PENDAMPING PADA KELOMPOK TANI SEPAKAT KELURAHAN PURUK CAHU SEBERANG KECAMATAN MURUNG KABUPATEN MURUNG RAYA
PENGARANG:ANDRI IRAWAN
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2020-08-04


ABSTRAK

Andri Irawan D1B115203, 2019, “Fungsi Pendamping Pertanian Pada Kelompok Tani Sepakat di Kelurahan Puruk Cahu Seberang Kecamatan Murung Kabupaten Murung Raya” dibawah bimbingan Sandra Bhakti M selaku pembimbing I dan Ellisa Vikalista Pembimbing II.

            Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana fungsi pendamping pertanian pada Kelompok Tani Sepakat di Kelurahan Puruk Cahu Seberang Kecamatan Murung Kabupaten Murung Raya. Teori yang digunakan dalam penelitian ini yaitu fungsi pendamping menurut Jim Ife dan Frank Tesoriero Community Development Alternatif Pengembangan Masyarakat di Era Globalisasi yang terdiri dari empat indikator yaitu, peran dan keterampilan memfasilitasi, peran dan keterampilan mendidik, peran dan keterampilan representasi, berbagai peran dan keterampilan teknis. Metode penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dengan tipe penelitian deskriptif. Teknik pengumpulan data melalui wawancara dan dokumentasi, dengan informan Pendamping Kelompok Tani dan Kelompok Tani yang ada di Kelurahan Puruk Cahu.

            Hasil dari penelitian menunjukan bahwa indikator peran keterampilan dan memfasilitasi dapat dikatakan cukup baik dalam memberikan semangat, dukungan dan juga motivasi kepada kelompok tani sepakat hanya saja pendamping kurang aktif dalam memberikan pendampingan kepada Kelompok Tani Sepakat ini. Indikator peran dan keterampilan mendidik bisa dikatakan juga cukup baik dapat lihat bahwa pendamping memberikan pelatihan atau penyuluhan kepada Kelompok Tani Sepakat dan pedamping juga memberikan informasi ketika ada pupuk yang bersubsidi kepada kelompok tani. Indikator peran dan keterampilan representasi bisa dikatakan kurang baik dikarenakan pendamping tidak memanfaatkan sosial media untuk memasarkan hasil dari Kelompok Tani Sapakat dan juga tidak mempublikasikan kelompok tani ini lewat sosial media sehingga orang lain tidak tahu dan juga pendamping kurang memberikan pengalamannya kepada kelompok tani. Indikator berbagai peran dan keterampilan teknis bisa dikatan kurang baik dikarenakan pendamping tidak ada mengajarkan bagaimana cara mengelola keuangan seperti akuntasi sederhana atau laporan keuangan pada Kelompok Tani Sepakat.

Kepada Pendamping Kelompok Tani Sepakat di Kelurahan Puruk Cahu Seberang Kecamatan Murung Kabupaten Murung Raya agar bisa lebih aktif lagi dalam memberikan pendampingan kepada kelompok tani sepakat agar kelompok yang didampingi lebih giat lagi dalam melakukan kegiatan bertaninya dan juga bisa menghasilkan tanaman yang berkualitas.

Kata kunci: fungsi pendamping, kelompok tani, Puruk Cahu Seberang

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI