DIGITAL LIBRARY



JUDUL:MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATERI PENGUKURAN SUDUT MENGGUNAKAN MODEL PAIR CHECK KOMBINASI THINK PAIR SHARE DAN MEDIA PUZZLE PADA SISWA KELAS IV SDN GUDANG HIRANG 3 KABUPATEN BANJAR
PENGARANG:AHMAD MISRAN
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2020-08-04


Misran, Ahmad. 2019. “Meningkatkan Hasil Belajar  Materi Pengukuran Sudut menggunakan Model Pair Check Kombinasi Think Pair Share  dan Media Puzzle  pada Siswa Kelas IV  SDN Gudang Hirang 3 Kabupaten Banjar”. Skripsi Program Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lambung Mangkurat. Dosen Pembimbing: Dr. Hj. Darmiyati., S.Pd., M.Pd.

Kata Kunci: hasil belajar, pengukuran sudut, Pair Check, Think Pair Share danMedia Puzzle.

           

Permasalahan penelitian ialah pembelajaran yang berlangsung kurang mengundang partisipasi siswa dalam belajar, kurangnya komunikasi sosial belajar antar siswa, pembelajaran hanya berpusat pada guru yang mengakibatkan aktivitas siswa hanya duduk, mendengarkan serta mencatat. siswa hanya selalu siap menerima materi yang diberikan oleh guru tanpa menggali pengetahuannya sendiri, serta kurangnya media dalam kegiatan belajar sehingga hasil belajar yang diperoleh siswa di bawah KKM yang telah ditetapkan, yaitu 70. Oleh karena itu, perlu diadakan inovasi pembelajaran menggunakan model pembelajaran Pair Check Kombinasi Think Pair Share  Dan Media Puzzle dengan tujuan mengidentifikasi aktivitas guru, mendeskripsikan aktivitas siswa, dan menganilis hasil belajar siswa pada materi  pengukuran sudut di kelas IV SDN Gudang Hirang 3 Kabupaten Banjar.

Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dengan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK), yang dilaksanakan dengan empat kali pertemuan. Setting penelitian adalah siswa kelas IV semester genap SDN Gudang Hirang 3 Kabupaten Banjar tahun pelajaran 2018/2019, dengan jumlah siswa sebanyak  24siswa. Jenis data dalam penelitian ini adalah data kualitatif dan kuantitatif. Data kualitatif diperoleh melalui observasi aktivitas guru dan siswa. Data kuantitatif diperoleh melalui teknik pengukuran dengan tes tertulis secara individu. Analisis data dihitung berdasarkan skala persentase dan indikator ketuntasan belajar yang ditetapkan.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa aktivitas guru pada pertemuan I mencapai kriteria baik, pertemuan II baik, pertemuan III sangat baik , dan pertemuan IV sangat baik. Aktivitas siswa pada pertemuan I mencapai kriteria cukup aktif, pertemuan II aktif, pertemuan III aktif dan pertemuan IV sangat aktif. Ketuntasan klasikal hasil belajar siswa pada pada pertemuan I mencapai 54,15%, pertemuan II 70,83%, pertemuan III75% dan pertemuan IV 87,5%.

Berdasarkan temuan ini dapat disimpulkan model pembelajaran Pair Check Kombinasi Think Pair Share  Dan Media Puzzle dapat meningkatkan Hasil belajar siswa materi pengukuran sudut di kelas IV SDN Gudang Hirang 3 Kabupaten Banjar. Saran yang dikemukakan peneliti agar dapat menjadi alternatif guru untuk memperbaiki pembelajaran guna meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI