DIGITAL LIBRARY



JUDUL:MENINGKATKAN PENGENALAN BENTUK BILANGAN ANGKA 1-10 MENGGUNAKAN MEDIA KUBUS PADA ANAK TUNAGRAHITA SEDANG KELAS II SDN KUIN SELATAN 3 BANJARMASIN
PENGARANG:VICA RIANI
PENERBIT:-
TANGGAL:2017-10-05


Kata Kunci: Media Kubus, Mengenal Bentuk Bilangan Angka 1-10, Tunagrahita
Sedang.
Penelitian ini dilakukan terhadap anak tunagrahita sedang yang sulit menerima pembelajaran dalam proses pengenalan bentuk bilangan angka1-10, karena anak hanya bisa menyebutkan angka 1-10, tetapi ketika diminta untuk menulis angka yang disebutkan anak tidak bisa menuliskan angka tersebut, hal ini yang menjadi permasalahan anak untuk melanjutkan proses pembelajaran matematika selanjutnya. Sesuai dengan permasalahan yang telah dikemukakan di atas maka, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan mengenal bentuk bilangan angka pada anak tunagrahita sedang kelas II SDN Kuin Selatan 3 Banjarmasin dalam penggunaan media kubus.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode pre- eksperiment dan desain Pre-test post-test one group dengan menggunakan teknik pengumpulan data dengan cara tes. Tes sendiri dilakukan dengan lembar istrument Pre-test serta post-test yang telah disediakan.
Subyek penelitian ialah dua orang siswa perempuan anak tunagrahita sedang kelas II SDN Kuin Selatan 3 Banjarmasin. Penelitian Diadakan selama 9 hari dengan 4 kali pertemuan mencakup 1 kali Pre test, 2 kali perlakuan dan 1 kali Post-test.
Hasil penelitian diketahui bahwa nilai siswa Q dan AY terdapat perbedaan antara nilai Pre-test dan Post-test. Perbedaan tersebut terjadi secara positif, yakni setiap anak secara kebetulan sama memiliki selisih 30 point dari hasil pre-test ke post-test. Ini menunjukan bahwa, dengan menggunakan media kubus kemampuan anak untuk mengenal bentuk bilangan angka anak tunagrahita sedang kelas II meningkat. Disarankan, bagi guru agar menggunakan media pembelajaran untuk meningkatkan kemampuan awal anak dalam proses pembelajaran matematika.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI