DIGITAL LIBRARY



JUDUL:EFEKTIFITAS MEDIA BALOK BENTUK DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGENAL BENTUK PADA ANAK TUNAGRAHITA RINGAN KELAS 3 DI SLB NEGERI BALANGAN
PENGARANG:SASMI YULIANTI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2020-08-05


Sasmi Yulianti, 2020. Efektifitas Media Balok Bentuk dalam Meningkatkan Kemampuan Mengenal Bentuk pada Anak Tunagrahita Ringan Kelas 3 di SLB Negeri Balangan. Skripsi. Program Studi Pendidikan Khusus. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin, Dosen Pembimbing (I) Eviani Damastuti, M.Pd. Dosen Pembimbing (II) Machmud Fauzi, M.Pd.

 

Kata Kunci    :   Media Balok Bentuk, Mengenal Bentuk, Anak Tunagrahita Ringan

 

Tunagrahita ringan memiliki IQ 50-70, adalah individu yang masih mampu didik dan latih belajar, menulis, membaca dan berhitung secara sederhana. Permasalahan dilapangan adalah anak yang mengalami kesulitan dalam mengenal bentuk, untuk itulah anak tunagrahita memerlukan media konkrit serta menarik perhatian. Penilitian ini bertujuan untuk mengenalkan bentuk pada anak tunagrahita ringan menggunakan media balok bentuk.

Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif dengan menggunakan metode Quasi Experimental Design. Desain yang digunakan adalah time series design dengan teknik analisis data deskriptif kuantitatif dan teknik pengumpulan data dalam penelitian ini berupa observasi, tes dan dokumentasi.

Penelitian ini dilakukan pretest sebanyak empat kali dan posttest sebanyak empat kali kepada subjek. Hasil rata-rata yang diperoleh dari nilai pretest dan posttest mengalami peningkatan, nilai rata-rata pretest adalah 38,33 dan pada saat posttest terjadi peningkatan 78,33. Hal ini dapat dijadikan suatu alternatif dalam mengenalkan bentuk pada anak tunagrahita ringan atau anak lainnya. Kesimpulan dari penelitian ini bahwa adanya pengaruh dalam penggunaan media balok bentuk karena terdapat peningkatan pada kemampuan mengenal bentuk pada anak tunagrahita ringan setelah diberikan perlakuan menggunakan media balok bentuk.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI