DIGITAL LIBRARY



JUDUL:EFEKTIFITAS MEDIA PEMBELAJARAN BOLA WARNA DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGENAL KONSEP WARNA DASAR PADA ANAK TUNAGRAHITA RINGAN KELAS II DI SLB NEGERI BALANGAN
PENGARANG:SITI RAHIMAH
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2020-08-05


Siti Rahimah,2020. Efektifitas Media Pembelajaran Bola Warna Dalam Meningkatkan Kemampuan Mengenal Konsep Warna Dasar Pada Anak Tunagrahita Ringan Kelas II Di SLB Negeri Balangan. Skripsi. Program Studi Pendidikan Khusus. FakultasKeguruan dan Ilmu Pendidikan. UniversitasLambungMangkurat Banjarmasin, DosenPembimbing (I) EvianiDamastuti, M.Pd. DosenPembimbing (II) MachmudFauzi, M.Pd.

 

Kata Kunci : MediaBola Warna, MengenalKonsepWarna Dasar, Anak TunagrahitaRingan

 

Permasalahandilapanganadalahanak yang mengalamikesulitandalammengenalwarnadasar, untukitulahanaktunagrahitamemerlukan media konkritsertamenarikperhatian. Penilitianinibertujuanuntukmengenalkankonsepwarnadasar pada anaktunagrahitaringanmenggunakan media bola warna.

Pendekatan yang digunakandalampenelitianiniadalahpendekatankuantitatifdenganmenggunakanmetodeQuasi Experiment Design. Desain yang digunakanadalahtime series designdenganteknikanalisis data deskriptifkuantitatif dan teknikpengumpulan data dalampenelitianiniberupaobservasi, tes dan dokumentasi.

Penelitianinidilakukanpretestsebanyakempat kali dan posttestsebanyakempat kali kepadasubjek. Hasil rata-rata yang diperolehdarinilaipretest dan posttestmengalamipeningkatan, nilai rata-rata pretestadalah39,58 dan pada saatposttestterjadipeningkatan79,58. Hal inidapatdijadikansuatualternativedalammengenalkanwarnadasar pada anaktunagrahitaringanatauanaklainnya. Kesimpulan daripenelitianinibahwaadanyapengaruhdalampenggunaan media bola warnakarena  terdapatpeningkatan pada kemampuanmengenalkonsepwarnadasar pada anaktunagrahitaringansetelahdiberikanperlakuanmenggunakan media bola warna.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI