DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PERANCANGAN BANGUNAN BAWAH JEMBATAN SIMPANG PINUS MENTAOS BANJARBARU
PENGARANG:M OKTADIA AL AYUBI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2020-08-05


ABSTRAK
M. Oktadia Al Ayubi H1A113076, 2019 Perancangan Bangunan Bawah Jembatan
Simpang Pinus Mentaos Banjarbaru. Dibawah bimbingan Muhammad Afief Ma ruf, T.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Untuk merencanakan pondasi Jembatan
Simpang Pinus dengan Pondasi Sumuran menjadi pilihan utama dalam perencanaan
pondasi Jembatan Simpang Pinus.
Permasalahan yang akan dibahas dalam perancangan ini adalah Bagaimana perhitungan
daya dukung dan stabilitas Pondasi Sumuran, bagaimana Daya dukung pondasi jika
kedalaman rencana tidak tercapai (4m-6m), bagaimana perancangan perkuatan tanah
dasar pada oprit yang aman pada jembatan, apakah kondisi oprit aman dan bagaimana
perancangan pada struktur bawah jembatan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa untuk memperoleh daya dukung dan stabilitas
Pondasi , maka dalam perancangan ini berdasarkan hasil perhitungan menggunakan data
sondir dengan metode schmertmann diambil jumlah tiang sebanyak 10 buah tiang dengan
diameter 50 cm. Dengan Qall S-1 = 1464.91 kN dan S-2 = 1498.14 kN, Daya dukung
pondasi pada kedalaman rencana, yaitu 4m-6m tidak tercapai sehingga tidak tidak
memenuhi syarat, menurut pengukuran sondir kondisi terpenuhi pada kedalaman 8m,
Perencanaan perkuatan tanah dasar direncanakan menggunakan tiang pancang mini pile
berbentuk persegi dengan ukuran 20x20 cm, sebanyak 8 buah per baris. untuk segmen 1
kedalaman tiang rencana adalah 10 m dengan keliling tiang 80 cm dan total beban
sebesar 116,267 kN, Perancangan perkuatan tanah dasar pada oprit yang aman pada
jembatan Adalah dengan lebar oprit 10 meter dengan total beban adalah 567,80 kN dan
Perancangan pada struktur bawah jembatan yaitu Perancangan Wingwall Sisi
samping oprit pada jembatan ini bukan membentuk talud melainkan tegak lurus, oleh
karena itu perlu ditahan oleh dinding penahan tanah (wingwall). Tipe dinding penahan
tanah yang digunakan dalam perencanaan ini adalah tipe gravity wall dengan tinggi (h)
sebesar 2,7 meter sesuai dengan tinggi timbunan oprit dengan gaya 106.15 kNm, dengan
Perhitungan cerucuk dicoba dengan kayu galam dengan diameter 10 cm serta panjang 4 m
Sf daya dukung sebesar = 6,51 > 1,5 (aman)
Kata Kunci : Perancangan, Bangunan Bawah jembatan, Simpang Pinus Mentaos
Banjarbar

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI