DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PERHITUNGAN HARGA POKOK PRODUKSI DENGAN MENGGUNAKAN METODE HARGA POKOK PROSES DALAM MENENTUKAN HARGA JUAL PADA ROSE BAKERY BANJARBARU
PENGARANG:HASTUTI DWI ARYATI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2020-08-05


ABSTRAKSI

Hastuti Dwi Aryati (2020), Perhitungan Harga Pokok Produksi Dengan Menggunakan Metode Harga Pokok Proses Dalam Menentukan Harga Jual Pada Rose Bakery Banjarbaru. Pembimbing : Dra. Rusma Nailiah, M.Si, Ak, CA.

Dalam bidang produksi, harga pokok produksi merupakan salah satu komponen yang penting. Oleh karena itu dalam menghitung harga pokok produksi harus dilakukan dengan tepat sesuai dengan konsep teori Akuntansi Biaya. Harga pokok produksi ini kemudian digunakan untuk menghitung harga jual produk agar harga jual tersebut dapat bersaing dipasaran dan diterima oleh konsumen. Tujuan dilakukannya penelitian ini yaitu untuk mengetahui perhitungan harga pokok produksi pada Rose Bakery Banjarbaru dengan menggunakan metode harga pokok proses dan untuk mengetahui harga jual yang tepat.

 

Penelitian ini termasuk kedalam jenis penelitian deskriptif kuantitatif, dengan metode pendekatan studi kasus. Jenis data yang digunakan berupa data deskriptif. Sedangkan sumber data yang digunakan berupa data sekunder. Teknik yang digunakan dalam penelitian ini yaitu wawancara dan dokumentasi.

 

Dalam menghitung harga pokok produksinya Rose Bakery Banjarbaru masih dianggap belum tepat karena tidak sesuai dengan konsep teori Akuntansi Biaya. Rose Bakery Banjarbaru masih belum memasukan semua biaya ke dalam perhitungannya. Biaya overhead pabrik seperti biaya depresiasi aset tetap menjadi salah satu biaya yang masih belum digunakan dalam perhitungan harga pokok produksi oleh perusahaan ini. Perusahaan hanya memperhitungkan biaya-biaya yang umum saja seperti biaya bahan baku, biaya listrik, biaya telepon, biaya air, dan biaya gaji karyawan. Selain itu juga Rose Bakery belum melakukan penggolongan biaya sesuai dengan teori Akuntansi Biaya. Sehingga hal ini menyebabkan terjadinya perbedaan hasil perhitungan harga pokok produksi menurut perusahaan dengan perhitungan menurut peneliti. Harga jual roti pada Rose Bakery Banjarbaru masih terlalu rendah, harga jual yang terlalu rendah ini dapat menyebabkan perusahaan mengalami kerugian karena harga jual barang tidak bisa menutupi seluruh biaya produksi.

 

 

Kata Kunci : Harga Pokok Produksi, Harga Pokok Proses, Harga Jual

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI