DIGITAL LIBRARY



JUDUL:SKRIPSI PENGENDALIAN PENCEMARAN LIMBAH CAIR PADA HOME INDUSTRI SASIRANGAN DI KELURAHAN SEBERANG MASJID KECAMATAN BANJARMASIN TENGAH KOTA BANJARMASIN
PENGARANG:NURHIDAYAH
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2020-08-05


ABSTRAK

Nurhidayah. 1610411320024. Pengendalian Pencemaran Limbah Cair Pada Home Industri Sasirangan di Kelurahan Seberang Masjid Kecamatan Banjarmasin Tengah Kota Banjarmasin. Program Studi Ilmu Administrasi Publik. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik. Universitas Lambung Mangkurat. Dibimbing oleh M. Riduansyah Syafari.

Dari banyaknya jumlah home industri di kota Banjarmasin, home industri sasirangan menjadi salah satu penyumbang penyebab pencemaran. Cara pembuangan limbah yang masih sembarangan menyebabkan terkontaminasinya lingkungan sekitar. Pemukiman penduduk menjadi kumuh, aliran sungai dan got menjadi berbau, dan tanah menjadi tidak subur. Tercatat dari banyaknya artikel dan keluhan masyarakat mengenai pencemaran limbah cair sasirangan, hal ini menjadi permasalahan serius yang harus dihadapi oleh pemerintah.Sehingga dibutuhkan peran sektor publik dalam melakukan pengendalian pencemaran lingkungan. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui langkah-langkah yang diberikan oleh Dinas Lingkungan Hidup Kota Banjarmasin. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori langkah-langkah pengendalian menurut Mc. Farland (1987). Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dan analisis data yang dipergunakan dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif kualitatif. Penelitian ini berlokasi pada kantor Dinas Lingkungan Hidup Kota Banjarmasin di Jl. RE Martadinata No 1 Blok D Lantai II Banjarmasin. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa langkah-langkah pengendalian pencemaran limbah cair home industri sasirangan yang diberikan Dinas Lingkungan Hidup Kota Banjarmasin sudah optimal tetapi ada beberapa faktor penghambat yang menyebabkan pelaksanaannya menjadi kurang maksimal salah satunya adalah sarana prasarana dan sumber daya manusianya yang belum memumpuni.

Kata Kunci : Pencemaran, Pengendalian, Lingkungan, Dinas Lingkungan Hidup

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI