DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PENGEMBANGAN INSTRUMEN IDENTIFIKASI ANAK TUNAGRAHITA DITINGKAT TK
PENGARANG:ISNANI JAM' IATUL HUSNA
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2020-08-05


ABSTRAK

                                                          

Isnani Jam’iatul Husna,2020. Pengembangan Instrumen Identifikasi Anak Tunagrahita Ditingkat TK. Jurusan Pendidikan Khusus Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin Tahun Akademik 2019/2020. Pembimbing (I) Dr. Ali Rachman, M.Pd (II) Mirnawati, M. Pd.

Kata Kunci : Identifikasi, Anak Tunagrahita

Proses identifikasi anak tuna grahita yang keliru dapat berdampak pada pemberian penanganan yang keliru, sehingga dikhawatirkan perkembangan anak tidak tercapai secara optimal. Identifikasi yang baik tentu memerlukan instrumen yang baik pula, sementara itu di TK Surgirama belum terdapat instrumen identifikasi anak tunagrahita yang bisa digunakan secara mudah oleh guru.Tujuan penelitian: Mengetahui pengembangan instrumen indentifikasi anak tunagrahita ditingkat TK, Mengetahui keefektifan instrumen Identifikasi anak tunagrahita ditingkat TK. Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan atau Research and Development (R&D) model ADDIE (Analyze, Design, Development, Implementation, Evaluation).Produk yang dikembangkan pada penelitian ini berupa instrumen identifikasi bagi ATG di TK Surgirama PKK Kelurahan Kupang Kecamatan Tapin Utara. Hasil Penelitian dan pengembangan ini menghasilkan produk berupa instrumen identifikasi anak tunagrahita ditingkat TK, Hasil observasi aktivitas guru dan wawancara yaitu: a) Instrumen identifikasi anak tunagrahita di TK yang digunakan mudah dilaksanakan untuk mengidentifikasi setiap anak, b) Bahasa yang digunakan sesuai dengan kaidah Bahasa Indonesia yang baik, dan c) Guru lebih mudah untuk mengenali anak tunagrahita. Instrumen identifikasi diujicobakan  pada taman kanak-kanak Surgirama memperoleh: hasil uji coba skala kecil (10 orang siswa) dan dapat mengidentifikasi 2 anak ATG, hasil uji coba skala besar (22orang siswa) berhasil dengan baik, instrument sudah baik, dan dapat digunakan dengan mudah oleh guru serta dapat mengidentifikasi ATG sebanyak 4 orang. Hasil uji coba skala besar ini menunjukkan penelitian pengembangan instrument  identifikasi anak ABK berhasil.

 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI