DIGITAL LIBRARY



JUDUL:INDUSTRI RUMAH TANGGA GULA AREN DESA BEKOSO KECAMATAN PASER BELENGKONG KABUPATEN PASER TAHUN 2000-2017
PENGARANG:Atmiati Atmanagara
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2020-08-05


 

ABSTRAK

 

               

 

Atmiati Atmanagara, 2019. INDUSTRI RUMAH TANGGA GULA AREN DESA BEKOSO KECAMATAN PASER BELENGKONG KABUPATEN PASER TAHUN 2000-2017. Pembimbing I Dr.Bambang Subiyakto, M.Hum. Pembimbing II Wisnu Subroto, S.S.,M.A

 

 

 

Sistem mata pencaharian hidup selalu mengalami perkembangan sesuai keadaan dan iklim serta perkembangan teknologi. Teknologi mempunyai arti penting dalam kehidupan manusia dibantu untuk mencapai tujuan memenuhi kebutuhan hidup. Salah satu bentuk mata pencaharian yang berkaitan dengan teknologi adalah industri. Industri rumah tangga gula aren di desa Bekoso sudah ada sejak dulu. Industri tersebut memiliki peranan dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

 

Permasalahan yang dikaji di dalam penelitian ini adalah mengenai perkembangan industri gula aren  desa Bekoso pada tahun 2000-2017, dan  pengaruh industri gula aren  terhadap kehidupan sosial ekonomi masyarakat desa bekoso.Tujuan dalam penelitian ini untuk  mengetahui perkembangan industri gula aren di desa bekoso, dan mengetahui pengaruh perkembangan industri gula aren terhadap kehidupan sosial ekonomi masyarakat desa bekoso.

 

Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode sejarah meliputi: Heuristik yaitu kegiatan menghimpun dan mengumpulkan data, kritik sumber untuk mendapatkan data-data yang tingkat kebenarannya atau kredibilitasnya tinggi dan dapat dipertanggung jawabkan, Interpretasi merupakan tahap dimana data yang diperoleh diseleksi, dicari kausalitasnya satu dengan yang lain kemudian dirangkai dan disusun menjadi sebuah deskripsi dan historiografi, menyajikan hasil penelitian dalam bentuk cerita sejarah yang tersusun secara kronologis.

 

Industri gula aren di desa Bekoso berpengaruh pada kehidupan sosial ekonomi masyarakat. Pengaruh keberadaan industri gula aren terhadap bidang sosial ekonomi yaitu penyediaan lapangan pekerjaan, dan meningkatkan kemakmuran masyarakat khususnya pengrajin gula aren, dan peningkatan di dalam pendidikan. Industri gula aren di desa Bekoso ialah usaha yangturun-temurun diwariskan oleh orang tua dari pengrajin gula aren , selain itu industri gula aren juga membawa pengaruh terhadap masyarakat khususnya pengrajin gula aren. Dengan adanya industri gula aren ini  mampu menyediakan lapangan kerja bagi masyarakat sehingga pengangguran berkurang.

 

Kata Kunci : Perkembangan industri gula aren , industri gula aren, sosial ekonomi

 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI