DIGITAL LIBRARY



JUDUL:Studi Analisis Stabilitas Lereng Pond Bandar Udara Syamsuddin Noor
PENGARANG:NOVI NAPINTRI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2020-08-05


“ANALISIS STABILITAS LERENG POND BANDAR UDARA SYAMSUDDIN NOOR KALIMANTAN SELATAN”

 

Novi Napintri, Dr. Rusdiansyah, S.T., M.T

Jurusan Teknik Sipil dan Lingkungan, Fakultas Teknik, Universitas Lambung Mangkurat

Jalan Jenderal A. Yani Km. 36 Banjarbaru

Telp. (0511) 47738568-4781730 Fax. (0511) 4781730

email: novinapintri@gmail.com

 

 

ABSTRAK

Pada proyek pengembangan Bandar Udara Syamsudin Noor dibangun juga kolam penampung air atau pond yang dibutuhkan untuk menanggulangi potensi banjir pada saat intensitas hujan tinggi. Maka dari itu, dirancanglah pond dengan kedalam kurang lebih 8 meter dan volume yang cukup besar untuk menampung air pada saat hujan agar tidak terjadi banjir disekitar area Bandar Udara Syamsuddin Noor. Untuk itu perlu adanya analisis stabilitas lereng yang aman terhadap potensi pengaruh kelongsoran tanah. Analisis stabilitas lereng ini akan dicoba dengan beberapa alternatif, diantaranya yaitu perkuatan lereng menggunakan geotextile wall, strauss pile, dan bronjong

       Analisis ini diawali dengan mengidentifikasi permasalahan yang terjadi dilanjutkan dengan pengumpulan data penyelidikan dilapangan dan laboratorium. Lalu data yang didapatkan dianalisis dan diinterpretasikan. Kemudian divisualkan dalam bentuk stratigrafi dengan cara memplot jenis lapisan tanah sesuai hasil boring yang sudah diinterpretasikan. Setelah itu dilakukan pengecekkan kondisi awal dari lereng sehingga diketahui bentuk longsorannya. Kemudian dilanjutkan dengan menghitung gaya yang bekerja pada masing-masing alternatif perkuatan akibat beban lalu lintas dan tanah timbunan untuk mendapatkan daya dukung dari tanah dengan metode Hansen. Lalu dilanjutkan dengan permodelan dan analisa megnggunakan software Geo Studio 2012 untuk melihat nilai safety factor.

       Dari hasil desain analisis didapatkan desain perkuatan menggunakan geotextile wall, strauss pile, dan bronjong. Berdasarkan hasil analisis perhitungan menggunakan perkuatan geotextile wall didapat angka keamanan dengan bantuan aplikasi Geostudio 2012 sebesar 3,329>1,25 terhadap lereng tegak 3,006>1,25 terhadap lereng miring landai pada saat kondisi muka air normal. Untuk perhitungan perkuatan menggunakan strauss pile didapat angka keamanan sebesar 1,260>1,25 terhadap lereng tegak 1,293>1,25 terhadap lereng miring landai pada saat kondisi muka air normal. Untuk perhitungan menggunakan perkuatan bronjong didapat angka keamanan sebesar 1,384>1,25 terhadap lereng tegak 1,394>1,25 terhadap lereng miring landai pada saat kondisi muka air normal. karena nilai stabilitas telah memenuhi ketentuan maka konstruksi dinyatakan aman.

Kata Kunci : Lereng pond, Alternatif desain lereng, geotextile wall, strauss pile, dan Bronjong

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI