DIGITAL LIBRARY



JUDUL:UPAYA MENINGKATKAN MEMBACA PERMULAAN DENGAN METODE FERNALD PADA ANAK DISLEKSIA KELAS V DI SDN GADANG 2 BANJARMASIN
PENGARANG:RIZKY AFRIDA
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2020-08-07


 

Rizky Afrida, A1F115222. 2019. Upaya Meningkatkan Membaca Permulaan Dengan Metode Fernald Pada Anak Disleksia Kelas V di SDN Gadang 2 Banjarmasin.  Skripsi Program S-1 Pendidikan Khusus. Jurusan Ilmu Pendidikan. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin. Pembimbing I: H. Fauzul Adhim. Pembimbing II: Machmud Fauzi.

 

Kata Kunci: Membaca Permulaan, Metode Fernald, Anak Disleksia

 

            Disleksia adalah sebuah kondisi ketidakmampuan belajar pada seseorang yang disebabkan oleh kesulitan pada orang tersebut dalam membaca dan menulis. Guru melakukan perencanaan dengan sebuah metode yang dikenal dengan metode fernald. Penelitian ini bertujuan untuk perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi membaca permulaan dengan metode fernald pada anak disleksia.

 

            Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Subjek penelitian dalam penelitian ini adalah anak disleksia. Hasil penelitian ini dilakukan dengan cara mendeskripsikan upaya meningkatkan membaca permulaan dengan metode fernald pada anak disleksia kelas V di SDN Gadang 2 Banjarmasin. Pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan dengan tahapan reduksi data, penyajian data, dan membuat kesimpulan.

 

            Hasil penelitian menunjukkan bahwa upaya meningkatkan membaca permulaan dengan metode fernald pada anak disleksia kelas V di SDN Gadang 2 Banjarmasin ini berpacu pada materi dan teknik pembelajaran yang dimodifikasi oleh guru. Materi yang disampaikan oleh guru sesuai dengan kemampuan yang dimiliki anak dan ditambahkan ke dalam rancangan program. Hasil pembelajaran membaca permulaan dengan metode fernald menunjukkan bahwa anak sudah mampu membaca kalimat pendek maupun cerita pendek.

 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI