DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PENGARUH METODE ROLE PLAYING TERHADAP KEMAMPUAN BAHASA EKSPRESIF ANAK DOWN SYNDROME KELAS II DI SLB NEGERI 1 PELAIHARI
PENGARANG:AN NISA RIZQI KURNIAWATI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2020-08-07


ABSTRAK

An nisa Rizqi Kurniawati, 2020 : “Peningkatan Kemampuan  Bahasa Ekspresif Anak Down Syndrome Kelas II Di Slb Negeri 1 Pelaihari Dengan Metode Role Playing

Program Studi Pendidikan Luar Biasa.

Pembimbing (1) Dewi Ratih Rapisa,M.Pd

(2) Hasanudin,M.Pd

 

Kata Kunci : Bahasa Ekspresif, Down Syndrome, Role Playing

Penelitian ini mengemukakan tentang kemampuan bahasa ekspresif pada anak Down Syndrome kelas II SLB Negeri 1 Pelaihari Kabupaten Tanah Laut. Adapun permasalahan yang akan dicari jawabannya dalam penelitian ini adalahadakah pengaruh metode role playing dalam meningkatkan kemampuan bahasa ekspresif anak down syndrome kelas II di SLB Negeri 1 Pelaihari.

            Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif.Desain pada penelitian ini adalah eksperimen semu atau quasi eksperimental desain dengan metode nonequivalent control group design. Pelaksanaan penelitian ini menggunakan beberapa tehnik pengumpulan data yaitu tes dan dokumentasi. Metode pengumpulan data berupa tes karena  tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan berbahasa ekspresi subjek penelitian. Tehnik dokumentasi juga digunakan dalam penelitian ini, berupa data-data atau dokumen yang dikumpulkan peneliti  yang berhubungan dengan keadaan dan kondisi anak seperti autobigrafi, hasil tes dan lain-lain.

            Hasil penelitian ini menunjukkan bahwasaat diberikan perlakuan berupa metode role playing dalam pembelajaran, kemampuan berbahasa ekspresif mulai merningkat. Hal ini dilihat dari nilai/skor yang diperoleh anak dari hasil pretes dan postest yang nlai rata-ratanya meningkat yaitu 15 menjadi 19. Ini membuktikan bahwa metode role playing dapat digunakan untuk meningkatkan kemampuan bahasa ekspresif pada anak Down Syndrome kelas II SLB Negeri 1 Pelaihari Kabupaten Tanah Laut.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI