DIGITAL LIBRARY



JUDUL:MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERHITUNG PENJUMLAHAN DAN PENGURANGAN DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA PERMAINAN ULAR TANGGA PADA ANAK TUNAGRAHITA RINGAN DI SLB -C NEGERI PEMBINA
PENGARANG:HASAN BASRI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2020-08-07


ABSTRAK

 

Hasan Basri, 2020. Meningkatkan Kemampuan Berhitung Penjumlahan Dan Pengurangan Dengan Menggunakan Media Permainan Ular Tangga Pada Anak Tunagrahita Ringan di SLB –C Negeri Pembina. Skripsi Jurusan Ilmu Pendidikan,Program Studi Pendidikan Khusus,Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin. Dosen Pembimbing (I) Dr. Imam Yuwono, M.Pd dan   ( II) Monry Fraick Nicky G.R.S., M.Pd

 

Kata kunci : Berhitung Penjumlahan, Pengurangan, Media Permainan Ular Tangga, Anak Tunagrahita Ringan

 

Permasalahan yang terjadi selama ini di inklusi SLB-C Negeri Pembina adalah siswa masih kurang dalam memahami dan  menghitung penjumlahan dan  pengurangan bilangan, kurang mampu memahami dan menangkap apa yang terjadi pada penjumlahan dan  pengurangan bilangan sehingga mereka terlihat kurang bergairah dalam mempelajari matematika. Nilai siswa masih dibawah standar ketuntasan belajar matematika yaitu 60, artinya siswa masih kurang memahami soal dengan baik terutama dalam penjumlahan dan  pengurangan bilangan yang rendah 1-10. Tujuan penelitian ini adalah Penerapan Media Permainan Ular Tangga Dapat Meningkatkan Kemampuan Berhitung penjumlahan dan  pengurangan Pada Anak Tunagrahita Ringan Di SLB-C Negeri Pembina.

Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode PTK. Subjek penelitian ini berjumlah 3 orang anak tunagrahita ringan. Instrumen penelitian menggunakan observasi dan tes. Analisis data menggunakan analisis kuantitatif dengan persentasi dan kualitatif denagan analisis penjabaran dari hasil yang didapatkan dari hasil penelitian.

 

Hasil penelitian hasil siklus 1 kemampuan berhitung anak hanya mencapai 40 masih kurang dari KKM 70.  Siklus 2 diketahui bahwa hasil belajar siswa mencapai rata-rata 60 ada peningkatan yang baik dan pada siklus 3 mencapai hasil rata-rata 66.7 dan pada siklus 4 mencapai hasil 86.7. hal ini berarti bahwa dengan menggunakan media ular tangga dapat memberikan peningkatan hasil belajar anak tunagrahita ringan dalam belajar berhitung menjumlahkan dan mengurangkan bilangan.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI