DIGITAL LIBRARY



JUDUL:MENINGKATKAN AKTIVITAS & HASIL BELAJAR SISWA PADA TEMA 8 MUATAN PPKn MEGGUNAKAN KOMBINASI MODEL DISCOVERY LEARNING, MIND MAPPING, DAN NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) DI KELAS III SDN SUNGAI MIAI 8 BANJARMASIN
PENGARANG:RIDHA RAHMIATI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2020-08-07


ABSTRAK

Rahmiati, Ridha. 2020. Meningkatkan Aktivitas & Hasil Belajar Siswa Pada Tema 8 Muatan PPKn Meggunakan Kombinasi Model Discovery Learning, Mind Mapping, Dan Numbered Heads Together (NHT) Di Kelas III SDN Sungai Miai 8 Banjarmasin. Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Jurusan Ilmu Pendidikan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lambung Mangkurat.

Pembimbing: Dr. Sulistiyana, S.Pd., M.Pd.

 

Kata Kunci : Aktivitas siswa, hasil belajar, Discovery Learning, Mind Mapping,  Numbered Heads Together (NHT).

 

            Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya aktivitas dan hasil belajar siswa karena kurangnya kemampuan siswa dalam berinteraksi selama pembelajaran, kurangnya kemampuan siswa daalam mengemukakan pendapat, serta rendahnya pemahaman siswa dalam mengikti pembelajaran sehingga berdampak pada rendahnya hasil belajar siswa kelas III SDN Sungai Miai 8. Salah satu upaya dalam meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa melalui penggunaan kombinasi model pembelajaran Discovery Learning, Mind Mapping, Dan Numbered Heads Together (NHT). Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui aktivitas guru dan meningkatkan aktivitas serta hasil belajar siswa.

Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif dengan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek pada penelitian adalah siswa kelas III semester genap SDN Sungai Miai 8 tahun ajaran 2019/2020, dengan jumlah siswa 20 siswa yaitu sebanyak 10 siswa laki-laki dan 10 siswa perempuan. Jenis data pada penelitian ini adalah data kualitatif dan kuantitatif. Data diperoleh melalui, observasi aktivitas guru dan teknik pengukuran dengan tes tertulis secara individu. Analisis data dihitung berdasarkan skala persentase dan indikator ketuntasan belajar yang ditetapkan.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas guru mencapai skor 23 dengan kriteria sangat baik. Aktivitas siswa mengalami peningkatan menjadi 90% kriteria aktif dan sangat aktif. Hasil belajar individu siswa dengan ketuntasan klasikal 95% pada pertemuan 4.

Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa hasil belajar siswa pada tema 8 muatan PPKn menggunakan kombinasi Model Discovery Learning, Mind Mapping, Dan Numbered Heads Together (NHT) pada siswa kelas III SDN Sungai Miai 8 meningkat dan hipotesis dapat diterima. Disarankan kepada kepala sekolah, guru dan peneliti selanjutnya agar kombinasi model tersebut dapat dijadikan sebagai salah satu alternatif pilihan dalam memilih model pembelajaran untuk meningkatkan aktivitas belajar siswa dan hasil belajar sehingga pembelajaran menjadi lebih optimal.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI