DIGITAL LIBRARY



JUDUL:Penggunaan Media Film Animasi untuk meningkatkan Kontak Mata pada anak Autis disekolah KB Bina Balita
PENGARANG:SRI WAHYUNI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2020-08-07


ABSTRAK

 

 

SRI WAHYUNI. NIM 1610127720093. Penggunaan Media Film Animasi untuk  Meningkatkan Kontak Mata pada Anak Autis disekolah Kb Bina Balita. Pembimbing I : Dr Ali Rachman, M.Pd. Pembimbing II : Mirnawati, M.Pd

 

 

Kata Kunci : Media Film Animasi, Kontak Mata, Anak Autis

 

Anak autis merupakan anak yang mengalami gangguan perkembangan yang mencakup persepsi, bahasa, kognitif, komunikasi, serta tidak adanya kontak mata dan seperti hidup dalam dunianya sendiri. Masalah yang ditemukan dilapangan menunjukkan anak autis tersebut tidak adanya kontak mata saat anak dipanggil, kontak mata anak autis ini sangat mengganggu anak khususnya pada saat pembelajaran dikelas dan dilingkungan anak autis tersebut. Penelitian ini mengemukakan tentang penggunaan media Film animasi untuk meningkatkan kontak mata pada anak autis di sekolah Kb Bina Balita.

            Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif. Jenis Metode dalam penelitian ini adalah metode SSR ( Single Subjek Research). Desain yang digunakan dalam penelitian ini adalah desain A-B-A. Desain A-B-A memiliki tiga tahapan yaitu tahap Baseline 1 (A1), tahap Intervensi (B) dan tahap Baseline 2 (A2). Tahap Baseline 1 (A1) sebagai data awal yakni sebelum adanya treatmen/ perlakuan, tahap Intervensi (B) dengan menggunakan media video animasi dan Baseline 2 (A2) sebagai control dari Baseline 1 (A1). Subjek dalam penelitian ini adalah salah satu siswa Autis di sekolah Kb Bina Balita Kecamatan salam babaris Kabupaten Tapin Yang berinisial RN. Hasil penelitian dapat diliat pada Baseline 1 (A1) kontak mata anak autis dengan nilai mean level 0,33, tahap Intervensi (B) diperoleh nilai mean level 3 dan tahap Baseline 2 (A2) memperoleh nilai mean level 2,5.

Hasil Penelitian menunjukkan bahwa media video animasi dapat meningkatkan kontak mata pada anak autis. Hal ini ditunjukkan dari hasil pengukuran Durasi Kontak Mata selama penelitian .

 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI