DIGITAL LIBRARY



JUDUL:MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS MATERI KEGIATAN EKONOMI DALAM MEMANFAATKAN SUMBER DAYA ALAM MENGUNAKAN KOMBINASI MODEL EXAMPLE NON EXAMPLES, MODEL STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISIONS (STAD) DAN LEARNING TOGETHER PADA SISWA KELAS IV SDN KUIN BESAR 2 KABUPATEN BANJAR
PENGARANG:SALAWAT ILIYANA
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2020-08-07


ABSTRAK

Salawat  Iliyana. 2019. “MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS MATERI  KEGIATAN EKONOMI DALAMMEMANFAATKAN SUMBER DAYA  ALAM,MENGUNAKAN   KOMBINASI MODELEXAMPLESNONEXAMPLE,STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION (STAD)DAN LEARNING TOGETHER PADA SISWA KELAS IV  SDN KUIN BESAR 2 KABUPATEN BANJAR”. Skripsi Program Studi PendidikanGuru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan,Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin. Tahun Akademik2018/2019. Pembimbing : Prof.Dr.Hj.Aslamiah,M.Pd,Ph.D

Kata Kunci: Hasil Belajar,Kegiatan EkonomiDalamMemanfaatkan Sumber Daya Alam, Kombinasi model pembelajaran EXAMPLES NON EXAMPLE ,STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) dan LEARNING TOGETHER.

Permasalahan siswa dalam pembelajaran  Ips materi, Kegiatan EkonomiDalamMemanfaatkan Sumber Daya Alam di kelas IV adalah pengajaran Ips sering ditemui di sekolah-sekolah bahwa sebagian besar  diberikan secara klasikal yang melalui metode ceramah tanpa banyak melihat kemungkinan penerapan metode lain yang sesuai dengan jenis materi, bahan dan alat yang tersedia.  Sehingga berdampak pada hasil belajar siswa yang kurang maksimal yaitu nilainya dibawah KKM yang ditetapkan sekolah, yaitu 70. Salah satu upaya untuk meningkatkan hasil belajar dan aktivitas siswa dalam pembelajaran  Ips melaui model EXAMPLES NON EXAMPLE Kombinasi STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) dan LEARNING TOGETHER. Tujuan  penelitian ini untuk mengetahui aktivitas guru, aktivitas siswa dan hasil belajar siswa.

Jenis penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus, dengan tahapan Perencanaan, Pelaksanaan, Tindakan, Pengamatan dan Refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas IV SDN Kuin Besar 2 dengan jumlah siswa 19 orang terdiri dari 11 orang siswa laki-laki dan 8 orang siswa perempuan. Analisis data secara kualitatif dan kuantitatif.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan pembelajaran melalui pendekatanEXAMPLES NON EXAMPLEKombinasi TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) dan LEARNING TOGETHER telah berhasil meningkatkan hasil belajar pada materi Peninggalan ,Kegiatan EkonomiDalamMemanfaatkan Sumber Daya Alam, yaitu; (1) Aktivitas guru pada siklus I  memperoleh skor 24 tergolongbaik dan pada siklus II  memperoleh skor 31 tergolong sangat baik.  (2) Aktivitas siswa terjadi peningkatan yaitu pada siklus I 63,16%, kemudian pada siklus II menjadi 9474%, (3) Hasil belajar Pada siklus I dengan ketuntasan klasikal 25% dan meningkat menjadi 100% pada siklus II,

Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penggunaan model EXAMPLES NON EXAMPLE Kombinasi TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) dan LEARNING TOGETHERdapat meningkatkan hasil belajar  Ips kelas IV SDN Kuin Besar 2. Sedangkan saran yang dikemukakan peneliti secara umum agar model EXAMPLES NON EXAMPLE Kombinasi TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION (STAD ) dan LEARNING TOGETHERini dapat menjadi alternatif model pembelajaran dalam pelajaran Ips untuk memperbaiki pembelajaran dan meningkatkan aktivitas siswa dan hasil belajar.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI