DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PERSEPSI MASYARAKAT TERHADAP SOSIALISASI PROGRAM KOTA LAYAK ANAK DI KOTA BANJARMASIN
PENGARANG:Miftah Farid
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2020-08-07


ABSTRAKSI

Miftah Farid, (2019) Persepsi Masyarakat Terhadap Sosialisasi Program Kota Layak anak di Kota Banjarmasin. Pembimbing 1: Sarwani. Pembimbing 2: Muhammad Alif.

 

Kota Layak Anak (KLA) adalah Kota yang mempunyai sistem pembangunan berbasis hak anak melalui pengintegrasian komitmen dan sumber daya pemerintah, masyarakat dan dunia usaha, yang terencana secara menyeluruh dan berkelanjutan dalam kebijakan, program dan kegiatan untuk menjamin terpenuhinya hak dan perlindungan anak. Secara umum tujuan Kota Layak Anak adalah untuk memenuhi hak dan melindungi anak, namun belum dapat direalisasikan dengan maksimal karena kurangnya pengetahuan masyarakat mengenai program Kota Layak Anak, sehingga memunculkan beragam tanggapan terkait dengan sosialisasi program Kota Layak Anak.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Persepsi Masyarakat Terhadap Sosialisasi Program Kota Layak Anak di Kota Banjarmasin.Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Populasidalam penelitian ini adalah masyarakat Kota Banjarmasin yang berusia 17-50 tahun yang berdasarkan data dari Badan Pusat Statistik berjumlah 512.238 jiwa dan Pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik cluster sampling (area sampling). Data dikumpulkan melalui kuesioner dan dianalisis menggunakan program IBM SPSS Statistics versi 22.0.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1)  Penglihatan masyarakat terhadap sosialisasi Program Kota Layak Anak di Kota Banjarmasin menunjukkan jumlah keseluruhan sebanyak 5081 dengan  rerata  3,65 memiliki persentase sebesar 39,9%. 2) Tanggapan masyarakat terhadap sosialisasi Program Kota Layak Anak di Kota Banjarmasin menunjukkan jumlah keseluruhan sebanyak 3798 dengan  rerata  3,64 memiliki persentase sebesar 29,8%. 3) Pemahaman masyarakat terhadap sosialisasi Program Kota Layak Anak di Kota Banjarmasin menunjukkan jumlah keseluruhan sebanyak 3853 dengan  rerata  3,69 memiliki persentase sebesar 30,3%. 4) Sehingga secara keseluruhan persepsi masyarakat terhadap sosialisasi Program Kota Layak anak di Kota Banjarmasin berada pada nilai mean 3,66 dengan kategori tinggi.

 

Kata Kunci:Persepsi, Masyarakat, Sosialisasi, Program, Kota Layak Anak.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI