DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA BUKU POHON HITUNG DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN PENJUMLAHAN PADA ANAK TUNAGRAHITA RINGAN KELAS IIIC SLB B/C PARAMITA GRAHA
PENGARANG:WIDYA FEBRIANTI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2020-08-07


 

ABSTRAK

Widya Febrianti 2019. “Pengaruh Penggunaan Media Buku Pohon Hitung dalam meningkatkan kemampuan penjumlahan pada anak tunagrahita ringan kelas IIIC SLB B/C Paramita Graha Banjarmasin. Skripsi Program Studi Pendidikan Khusus Jurusan Ilmu Pendidikan FKIP Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin, Dosen Pembimbing (1) Bapak Dr. Zulkifli, M.Pd, (2) Ibu Dewi Ratih Rapisa, M.Pd.

 

Kata kunci : Media Buku Pohon Hitung, Kemampuan Operasi Hitung Penjumlahan, Tunagrahita Ringan

Materi pelajaran tentang operasi hitung penjumlahan merupakan salah satu materi dasar yang harus dikuasai oleh semua anak termasuk anak tunagrahita ringan sebagai prasyarat untuk mempelajari materi-materi pelajaran matematika lainnya. Tetapi pada kenyataan di lapangan terdapat anak tunagrahita ringan di SLB B/C Paramita Graha Banjarmasin yang memperoleh nilai kemampuan operasi hitung pennjumlahan yang rendah serta tidak memenuhi standar KKM (kurang dari 60), berdasarkan hasil observasi tersebut, peneliti berasumsi bahwa dengan menggunakan media buku pohon hitung akan mampu membatu anak tunagrahita ringan dalam melakukan operasi hitung penjumlahan 1 sampai 10.

Pendekatan penelitian ini yaitu menggunkan pendekatan kuantitatif. Metode yang digunakan pada penelitian ini dengan menggunakan quasi eksperimen dengan desain time series design yang dimana diberikan tes awal (pretest) yaitu dilakukan sebanyak empat kali sebelum diberikan treatment, selanjutnya pemberian treatment menggunakan media Buku Pohon Hitung sebayak empat kali treatment, dan setelah itu dilakukan tes akhir (posttest) sebanyak empat kali setelah diberikan treatment. Subjek pada penelitian ini adalah dua orang anak tunagrahita ringan kelas IIICSLB B/C Paramita Graha Banjarmasin. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi, tes dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis deskriptif kuantitatif.

Hasil penelitian ini ditunjukkan dari hasil tes kemapuan akhir anak (posttest) lebih tinggi dibandingkan pada hasil tes sebelum diberikan treatment (pretest). Dengan data nilai rata yaitu, O1 = 25, O2 = 25, O3 = 27.5 O4 = 30 mengalami peningkatan menjadi O5 = 65, O6 = 67.5, O7 = 72.5, O8 = 72.5. Berdasarkan hasil penelitian tadi maka dapat disimpulkan bahwa media Buku Pohon Hitung berpengaruh dalam meningkatkan kemampuan penjumlahan pada anak tunagrahita ringan.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI