DIGITAL LIBRARY



JUDUL:ANALISISFINANSIALUSAHATANIJAMURTIRAM Pleurotusostreatus)DIKECAMATANLIANGANGGANG KOTABANJARBARU Studi Kasus UsahataniAgripolit)
PENGARANG:MUHAMMAD ICHWAN
PENERBIT:FAKULTAS PERTANIAN
TANGGAL:2018-02-02


Tujuan penelitian menganalisis keadaan finansial usahatani jamur tiram, mencakup biaya produksi, penerimaan dan pendapatan, menganalisis titik impas

break event point)usahatani jamur tiram, mengetahui permasalahan yang

dihadapi petani usahatani JamurTiram.

Penelitian ini dilakukan pada bulan Februari 2017 sampai dengan bulan Oktober 2017 data yang di kumpulkan adalah untuk 1 kali proses produksi (4 bulan).

Metode yang digunakan studi kasus dengan cara pengamatan langsung dan melakukan wawancara dengan responden. Sebagai responden adalah pemilik usaha tani agripolit beserta tenaga kerja yang ada di lokasi penelitian. Analisis yang dilakukan adalah menghitung biaya produksi, penerimaan, pendapatan dan

titik impas (breakevent point).

Hasil penelitian menunjukkan bahwa usahatani jamur tiram dengan Jumlah baglog 5000. Menunjukkan biaya total sebesar Rp.19.108.333,-/periode (4 bulan), produksi rata-rata sebanyak 4.500 kg/periode, penerimaan sebesar Rp.112.500.000,-/periode, pendapatan sebesar Rp.93.391.667,-/periode. Titik

impas (break event point)unit usahatani jamur tiram tercapai pada saat rata-rata

produksi sebanyak 335 kg/periode atau dinyatakan dengan nilai sebesar Rp.8.378.754,-/periode ini layak dan menguntungkan karena berada diatas titik impas.

 

 iii Permasalahan utama yang dihadapi dalam usahatani jamur tiram yaitu, keterlambatan saat memperoleh serbuk gergaji, bibit (bahan baku) dan kelebihan produksi.

Berdasarkan hasil penelitian kepada pembudidaya disarankan sebaiknya juga membuat olahan dari hasil jamur tiram segar tersebut untuk menghadapi pada saat kelebihan produksi dan disimpan di kulkas agar tetap segar. Diharapkan kepada pembudidaya untuk melakukan pemesanan serbuk gergaji dan bibit jauh-jauh hari serta melakukan promosi dari hasil produksi jamur tiram segar di media sosial dengancepat dantepat.

 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI