DIGITAL LIBRARY



JUDUL:Mengurangi Perilaku Maladaptif Anak Tunagrahita Melalui Pemberian Punishment dan Positive Reinforcement
PENGARANG:IDA APRILLIANI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2020-08-10


 

Ida Aprilliani. 1610127220007. 2020. Mengurangi Perilaku Maladaptif Anak Tunagrahita Melalui Pemberian Punsihment dan Positive Reinforcement. Skripsi Program Strata-1 Pendidikan Khusus. Jurusan Ilmu Pendidikan. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin. Pembimbing I: Dr.Imam Yuwono M,Pd, dan Pembimbing II: Monry Fraick Nicky Gilian Ratumbuysang, M.Pd.

 

Kata Kunci:Anak Tunagrahita, Perilaku Maladaptif, Punishment dan Positive Reinforcement

 

Anak tunagrahita memiliki karakteristik yaitu bertingkah laku kurang wajar atau disebut juga dengan perilaku maladaptive hal tersebut terjadi akibat dari hambatan yang dimiliki. Oleh karena itu, salah satu prosedur teknik modifikasi perilaku yang dapat mengurangi perilaku maladaptif anak tunagrahita adalah pemberian punishment dan positive reinforcement. Berdasarkan permasalahan yang dikemukakan di atas, maka penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pemberian punishment dan positive reinforcement dapat mengurangi perilaku maladaptif anak tunagrahita.

Pendekatan penelitian kuantitatif dalam penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan subjek tunggal atau dapat disebut dengan istilah Single Subject Research (SSR). Penelitian ini menggunakan desain penelitian A-B-A. Subjek dalam penelitian ini adalah anak tunagrahita kelas 1 di SDN Teluk Dalam 1 Banjarmasin. Sistem pencatatan data yang digunakan adalah pencatatan melalui observasi langsung dan dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis visual dalam kondisi dan analisis visual antar kondisi.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa mean level kemampuan motorik halus anak tunagrahita  pada kondisi Baseline 1 (A1) yaitu 94.75%, mean level intervensi (B) sebesar 80.66%, dan pada kondisi Baseline 2 (A2) mean level nya adalah 42.25%. Dengan demikian bahwa pemberian punishment dan positive reinforcement efektif dalam mengurangiperilaku maladaptif anak tunagrahita. Hal tersebut dibuktikan dengan menurunnya persentase hasil mean level pada tiap tahap yang dilakukan saat penelitian.

 

 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI