DIGITAL LIBRARY



JUDUL:NILAI SOSIAL AKTIVITAS TEMPAT PELELANGAN IKAN (TPI) RK ILIR SEBAGAI SUMBER BELAJAR IPS
PENGARANG:JAWAHIR
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2020-08-10


ABSTRAK

Jawahir. 2019. Nilai Sosial Pada Aktivitas Tempat Pelelangan Ikan (TPI) RK Ilir Sebagai Sumber Belajar IPS. Skripsi Program Studi Pendidikan IPS. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Pembimbing I: Prof. Dr. Ersis Warmansyah Abbas, M. Pd dan Pembimbing II: Melly Agustina Permatasari, M. Pd.

Tempat Pelelangan Ikan (TPI) RK Ilir satu diantara tempat pendaratan ikan di kota Banjarmasin. Aktivitas di TPI RK Ilir melibatkan penjual, pembeli dan pengelola. Nilai sosial pada aktivitas di TPI RK Ilir dapat dimanfaatkan dalam proses pembelajaran dalam upaya mengembangkan materi dan melakukan inovasi sumber belajar IPS. Tujuan penelitian ini: 1) Mendeskripsikan aktivitas di TPI RK Ilir, 2) Mendeskripsikan nilai sosial pada aktivitas di TPI RK Ilir, 3) Mendeskripsikan integrasi nilai sosial pada aktivitas di TPI RK Ilir sebagai sumber belajar IPS.

Pendekatan Penelitian kualitatif dengan metode deskriptif digunakan dalam penelitian ini. Tempat penelitian di TPI RK Ilir, Pekauman Banjarmasin. Subjek penelitian adalah penjual di TPI RK Ilir, pembeli di TPI RK Ilir dan guru mata pelajaran IPS. Teknik pengumpulan data dengan melakukan observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknis analisis data berupa reduksi data, penyajian data dan kesimpulan. Uji Keabsahan data yang digunakan dengan triangulasi sumber.

Hasil penelitian menunjukkan: 1) Aktivitas di TPI RK Ilir dimulai pada pukul 02.00-08.00 WITA yang dilakukan oleh penjual dan pembeli serta pengelola 2) Nilai sosial yang terdapat pada aktivitas di TPI RK Ilir meliputi sadar lingkungan, ramah, tolong menolong dan kerja keras, 3) Integrasi nilai sosial pada aktivitas di TPI RK Ilir dimanfaatkan sebagai sumber belajar IPS terkait materi interaksi sosial dan lembaga sosial pada mata pelajaran IPS di SMP.

Simpulan penelitian: Tempat Pelelangan Ikan (TPI) RK Ilir merupakan tempat pendaratan dan jual beli ikan yang berada di Pekauman, Banjarmasin. Nilai sosial dalam aktivitas di TPI RK Ilir dapat dimanfaatkan sebagai sumber belajar IPS khususnya untuk peserta didik SMP terkait materi kelas VII yaitu Interaksi sosial dan Lembaga Sosial.

 

Kata Kunci: Nilai Sosial, Aktivitas, TPI RK Ilir, Sumber belajar, IPS

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI