DIGITAL LIBRARY



JUDUL: Pengaruh Modal Sosial Terhadap Kerjasama Santriwati dalam Organisasi Santri Darul Hijrah Putri Cindai Alus
PENGARANG:RASYIDAH OLFAH
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2020-08-10


ABSTRAK

Rasyidah Olfah. 2020. Pengaruh Modal Sosial Terhadap Kerjasama Santriwati Dalam Organisasi Santriwati Darul Hijrah Putri Cindai Alus. Pembimbing I : Dr. Syaharuddin, M.A dan Pembimbing II : Mahmudah Hasanah, M.Pd.

Abad 21 menuntut setiap individu untuk memiliki keterampilan baik hard skill maupun soft skill seperti kerjasama, agar dapat terjun ke dunia pekerjaan dan siap berkompetisi pada lingkup global. Pondok pesantren merupakan wadah untuk mengembangkan modal sosial yang dipandang sebagai investasi untuk mendapatkan sumber daya baru melalui organisasi santri. Tujuan penelitian ini : 1) Mengetahui modal sosial santri dalam organisasi Santri Darul Hijrah Putri Cindai Alus. 2) Mengetahui kerjasama Santriwati dalam organisasi Santri Darul Hijrah Putri Cindai Alus. 3) Mengetahui pengaruh modal sosial terhadap kerjasama dalam organisasi Santri Darul Hijrah Putri Cindai Alus.

Penelitian kuantitatif dengan metode analisis deskriptif-kuantitaif digunakan dalam penelitian ini untuk menggambarkan pengaruh modal sosial terhadap kerjasama dalam organisasi Santri Darul Hijrah Putri Cindai Alus. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan pembagian angket kepada sampel penelitian yaitu anggota pengurus OSDA sejumlah 156 orang, dokumentasi serta wawancara dan melihat secara langsung proses kerjasama pada OSDA. Selanjutnya dilakukan uji instrument melalui uji validitas dan realibilitas. Setelah itu pada tahap uji prasyarat analisis penelitian dilakukan uji normalitas dan uji linearitas. Teknis analisis data yang digunakan pada penelitian ini yaitu uji distribusi persentase dan uji regresi linear sederhana.

Hasil penelitian: 1) variabel modal sosial persentasenya 75,55 % yang artinya pengaruh modal sosial termasuk dalam kategori tinggi. 2) variabel kerjasama persentasenya persentasenya 77,33 % yang artinya kerjasama termasuk dalam kategori tinggi. 3) Besarnya pengaruh modal sosial terhadap kerjasama santriwati sebesar 0,676 dengan kategori kuat melalui pedoman interprestasi r yaitu 0,60 – 0,799 yaitu kriteria kuat. Berdasarkan hasil uji r diperoleh r hitung 0,676 dengan taraf signifikan 0,000. Kriteria pengujian HO diterima apabila r hitung < r tabel, karena analiss r hitung > r tabel = 0,676 > 0,157 sehingga hipotesis ditolak (Ho) dan hipotesis diterima (Ha). Adapun untuk siginifikan 0,000 < 0,005 jadi dapat disimpulkan bahwa modal sosial berpengaruh secara signifikan terhadap kerjasama santriwati dalam organisasi santri Darul Hijrah putri Cindai Alus. Besarnya pengaruh modal sosial terhadap kerjasama santriwati sebesar 0,676  dengan kategori kuat melalui pedoman interprestasi r yaitu 0,60 – 0,799 yaitu kriteria kuat.

 

Kata Kunci : Modal sosial, Kerjasama, Organisasi Darul Hijrah Putri

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI