DIGITAL LIBRARY



JUDUL:Pengaruh Penggunaan Bahasa Isyarat Dalam Meningkatkan Kemampuan Bahasa Reseptif Anak Dengan Hambatan Pendengaran Kelas IV SDN 4 Sungai Danau Kec. Satui Kab. Tanah bumbu
PENGARANG:ISNAWATI RAHAYU
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2020-08-10


ABSTRAK

 

Isnawati Rahayu,  2020.        Pengaruh   Penggunaan   Bahasa   Isyarat  Dalam 

Meningkatkan  Kemampuan  Bahasa  Reseptif  Anak  Dengan Hambatan 

Pendengaran Kelas IV SDN 4 Sungai Danau Kecamatan Satui Kabupaten 

Tanah Bumbu.

Pembimbing   (1)  Dewi Ratih Rapisa, M. Pd.   (2)  Hasanudin, M. Pd.

 

Kata Kunci  :  Bahasa Isyarat, Anak Dengan Hambatan Pendengaran, Bahasa 

Reseptif

.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adakah pengaruh pada penggunaan bahasa isyarat dalam meningkatkan kemampuan bahasa reseptif anak dengan hambatan pendengaran kelas IV di SDN 4 Sungai Danau Kecamatan Satui Kabupaten Tanah Bumbu. Selain itu, penelitian ini juga bertujuan untuk mengetahui : 1)  Kemampuan bahasa reseptif anak dengan hambatan pendengaran sebelum diberikan perlakuan menggunakan bahasa isyarat, 2)  Kemampuan bahasa reseptif anak dengan hambatan pendengaran setelah diberikan perlakuan menggunakan bahasa isyarat, 3)  Peningkatan kemampuan bahasa reseptif anak dengan hambatan pendengaran setelah diberi perlakuan menggunakan bahasa isyarat.

Penelitian ini adalah penelitian quasi eksperimental design dengan model nonequivalent control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah anak dengan hambatan pendengaran kelas IV yang berjumlah 4 anak dan dibagi menjadi 2 yaitu kelompok eksperimen 2 anak dan kelompok kontrol juga 2 anak. Data diperoleh dari nilai awal (pretest) sebelum perlakuan dan nilai akhir (posttest) setelah diberi perlakuan. Data yang diperoleh diolah dan dianalisis dengan teknik statistik komparatif dengan menggunakan Uji Mann Whitney.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa:  1)  tidak terdapat perbedaan yang signifikan antara kemampuan bahasa reseptif anak dengan hambatan pendengaran kelompok eksperimen dan kelompok kontrol sebelum mendapat perlakuan (pretest). Nilai rata – rata pretest anak kelompok eksperimen sebesar 2,2 dan kelompok kontrol sebesar 2,25.  2) Terdapat peningkatan kemampuan bahasa reseptif anak dengan hambatan pendengaran yang signifikan pada kelompok eksperimen setelah diberi perlakuan penggunaan bahasa isyarat. Selisih nilai rata–rata posttest–pretest anak kelompok eksperimen adalah 1,2. 3). Terdapat pengaruh yang signifikan pada penggunaan bahasa isyarat dalam meningkatkan kemampuan bahasa reseptif anak dengan hambatan pendengaran kelas IV SDN IV Sungai Danau.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI