DIGITAL LIBRARY
JUDUL | : | Pengaruh Penggunaan Bahasa Isyarat Dalam Meningkatkan Kemampuan Bahasa Reseptif Anak Dengan Hambatan Pendengaran Kelas IV SDN 4 Sungai Danau Kec. Satui Kab. Tanah bumbu | |
PENGARANG | : | ISNAWATI RAHAYU | |
PENERBIT | : | UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT | |
TANGGAL | : | 2020-08-10 |
ABSTRAK
Isnawati Rahayu, 2020. Pengaruh Penggunaan Bahasa Isyarat Dalam
Meningkatkan Kemampuan Bahasa Reseptif Anak Dengan Hambatan
Pendengaran Kelas IV SDN 4 Sungai Danau Kecamatan Satui Kabupaten
Tanah Bumbu.
Pembimbing (1) Dewi Ratih Rapisa, M. Pd. (2) Hasanudin, M. Pd.
Kata Kunci : Bahasa Isyarat, Anak Dengan Hambatan Pendengaran, Bahasa
Reseptif
.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adakah pengaruh pada penggunaan bahasa isyarat dalam meningkatkan kemampuan bahasa reseptif anak dengan hambatan pendengaran kelas IV di SDN 4 Sungai Danau Kecamatan Satui Kabupaten Tanah Bumbu. Selain itu, penelitian ini juga bertujuan untuk mengetahui : 1) Kemampuan bahasa reseptif anak dengan hambatan pendengaran sebelum diberikan perlakuan menggunakan bahasa isyarat, 2) Kemampuan bahasa reseptif anak dengan hambatan pendengaran setelah diberikan perlakuan menggunakan bahasa isyarat, 3) Peningkatan kemampuan bahasa reseptif anak dengan hambatan pendengaran setelah diberi perlakuan menggunakan bahasa isyarat.
Penelitian ini adalah penelitian quasi eksperimental design dengan model nonequivalent control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah anak dengan hambatan pendengaran kelas IV yang berjumlah 4 anak dan dibagi menjadi 2 yaitu kelompok eksperimen 2 anak dan kelompok kontrol juga 2 anak. Data diperoleh dari nilai awal (pretest) sebelum perlakuan dan nilai akhir (posttest) setelah diberi perlakuan. Data yang diperoleh diolah dan dianalisis dengan teknik statistik komparatif dengan menggunakan Uji Mann Whitney.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) tidak terdapat perbedaan yang signifikan antara kemampuan bahasa reseptif anak dengan hambatan pendengaran kelompok eksperimen dan kelompok kontrol sebelum mendapat perlakuan (pretest). Nilai rata – rata pretest anak kelompok eksperimen sebesar 2,2 dan kelompok kontrol sebesar 2,25. 2) Terdapat peningkatan kemampuan bahasa reseptif anak dengan hambatan pendengaran yang signifikan pada kelompok eksperimen setelah diberi perlakuan penggunaan bahasa isyarat. Selisih nilai rata–rata posttest–pretest anak kelompok eksperimen adalah 1,2. 3). Terdapat pengaruh yang signifikan pada penggunaan bahasa isyarat dalam meningkatkan kemampuan bahasa reseptif anak dengan hambatan pendengaran kelas IV SDN IV Sungai Danau.
NO | DOWNLOAD LINK |
1 | FILE 1 |
File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI