DIGITAL LIBRARY



JUDUL:IMPLEMENTASI PERATURAN DAERAH NOMOR 12 TAHUN 2018 TENTANG RETRIBUSI DAERAH DI KABUPATEN GUNUNG MAS PADA RETRIBUSI PELAYANAN TERA/TERA ULANG ( Studi Kasus Pada Kecamatan Kurun)
PENGARANG:WAHYUDI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2020-08-10


ABSTRAK

 

Wahyudi,  NIM : 1820421310029, 2020, Implementasi Peraturan Daerah Nomor 12 Tahun 2018 Tentang Retribusi Daerah di Kabupaten Gunung Mas Pada Retribusi Pelayanan Tera/Tera Ulang (Studi Kasus Pada Kecamatan Kurun). Dibawah bimbingan Prof. Dr. H. Asmu’i, M.Si dan Dr. H. Muslih Amberi, M.Si.

Penelitian ini bertujuan untuk Mengetahui Sejauh Mana Implementasi Kebijakan Peraturan Daerah Nomor 12 Tahun 2018 Tentang Retribusi Daerah di Kabupaten Gunung Mas Pada Retribusi Pelayanan Tera/Tera Ulang dan untuk mengetahui Kendala yang terjadi dalam Implementasi Kebijakan Tera/Tera  Ulang di Kabupaten Gunung Mas.

Penelitian ini berlokasi di Kecamatan Kurun Kabupaten Gunung Mas. Data Primer didapat dengan cara observasi, wawancara terstruktur dan kajian dokumentasi di Dinas yang menaungi Bidang Perlindungan Konsumen dan Metrologi dan Lokasi Pasar Tradisional Kuala Kurun yang menjadi Pusat Penelitian.

Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif dengan tipe penelitian deskriptif kualitatif.Pemilihan informan Penelitian dilakukan dengan teknik analisis Data. Penelitian ini menggunakan analisa data kualitatif mengikuti konsep model Miles dan Huberman dengan teori Implementasi kebijakan menurut George C. Edward III.

Dari temuan data dan analisis penelitian adalah Implemetasi Peraturan Daerah Nomor 12 Tahun 2018 Tentang Retribusi Pelayanan Tera/Tera ulang di Kabupaten Gunung Mas masih belum efektif. Kendala yang di hadapi dalam Implementasi tersebut diantaranya Tidak ada Sosialisasi dari pihak Dinas Tentang SOP Pelaksanaan Pelayanan Tera/Tera Ulang.

 

Kata Kunci : Implementasi Kebijakan,  Retribusi Daerah, Pelayanan Tera/Tera Ulang.

 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI