DIGITAL LIBRARY



JUDUL:ANALISIS INFILTRASI PADA BERBAGAI TUTUPAN LAHAN DI SUB DAS BATI-BATI DAS MALUKA KALIMANTAN SELATAN
PENGARANG:YESI EKA PRATIWI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2020-08-10


YESI EKA PRATIWI, Analisis Infiltrasi pada Berbagai Tutupan Lahan di SUB DAS Bati-bati DAS Maluka. Tujuan penelitian adalah: (1) Mengetahui laju infiltrasi pada beberapa tutupan lahan yang berbeda di Sub DAS Bati-Bati DAS Maluka,(2)Menganalisis besarnya kapasitas dan volume infiltrasi pada beberapa tutupan lahan yang berbeda di Sub DAS Bati-Bati DAS Maluka.Dibimbing oleh Bapak Ir. Prof. Dr. Ir. H. Syarifuddin Kadir, M.Si dan Bapak Dr. Badaruddin, S.Hut, M.P.

Air merupakan sumberdaya alam yang sangat penting dalam memenuhi kebutuhan makhluk hidup. Air yang digunakan pada dasarnya berasal dari air hujan yang jatuh dan akan tersimpan menjadi air bumi baik dalam bentuk mata air maupun badan air. Air hujan berasal dari uap air yang jatuh ke permukaan bumi yang terbawa oleh angin melintasi daratan, dan apabila keadaan atmosfer memungkinkan, sebagian uap air akan turun menjadi air hujan disebut siklus hidrologi.

Penelitian ini dilaksanakan di SUB DAS Bati-bati DAS Maluka Kalimantan Selatan Pada bulan Desember sampai Maret 2020. Metode yang digunakan yaitu Metode Purposive Sampling dengan peletakan alat infiltrometer di area yang dianggap dapat mewakili seluruh areal.

Hasil penelitian ini menunjukan bahwa rata-ratalaju infiltrasi terbesar terjadi pada tutupan lahan perkebunan dan yang terendah ditutupan lahan alang-alang. Dan hasil rata-rata kapasitas infiltrasi tertinggi terdapat pada tutupan lahan semak belukar dan terendah terdapat ditutupan lahan alang-alang. Rata-rata volume infiltrasi terbesar terdapat dalam tutupan lahan semak belukar dan terendah berada ditutupan lahan alang-alang.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI