DIGITAL LIBRARY



JUDUL:KEPEDULIAN MASYARAKAT TERHADAP PENDIDIKAN BAGI ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS DI SDN 4 SUNGAI DANAU KECAMATAN SATUI
PENGARANG:MAHMUDAH HASANAH
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2020-08-11


 

ABSTRAK

 

 

 

Hasanah, Mahmudah. 2020. Kepedulian Masyarakat Terhadap Pendidikan Bagi Anak Berkebutuhan Khusus di SDN 4 Sungai Danau. Skripsi. Program Studi Pendidikan Khusus, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin. Pembimbing: (1) Chairil Faif Pasani (II) Hayatun Thaibah

 

 

 

Data dari Badan Pusat Statistik menyebutkan jumlah anak berkebutuhan khusus di Indonesia sebanyak 1,6 juta orang. Tiga puluh persen dari mereka sudah memperoleh pendidikan, 18% diantaranya sudah menerima pendidikan Inklusi dan SLB. Sedangkan di kecamatan Satui terdata 34 orang anak berkebutuhan khusus, dan ada beberapa anak yang diberhentikan dan tidak diterima masyarakat. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan kepedulian masyarakat terhadap pendidikan bagi anak berkebutuhan khusus di SDN 4 Sungai Danau Kecamatan Satui.

 

Metode penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Subjek penelitian adalah 3 orangtua reguler dan 3 orangtua anak berkebutuhan khusus yang bersekolah di SDN 4 Sungai Danau selama 4 bulan dari bulan Februari hingga Mei 2020. Teknik analisis data menggunakan angket dan wawancara serta uji keabsahan data menggunakan uji kredibilitas data dengan teknik triangulasi.

 

Kepedulian terhadap pendidikan anak berkebutuhan khusus di lingkungan SDN 4 Sungai Danau sudah baik. Orangtua juga  tidak berkeberatan anaknya sekolah dikelas yang didalamnya ada anak berkebutuhan khusus, dan anak berkebutuhan khusus juga bisa belajar bersama tanpa merasa dibedakan. Keluarga terutama orangtua berperan penting dalam menanamkan sikap peduli terhadap orang lain lebih khusus kepada anak berkebutuhan khusus. Di lingkungan keluarga dan sekolah anak berkebutuhan khusus mulai dapat diterima sedangkan dalam lingkungan masyarakat sekitar tempat tinggal anak berkebutuhan khusus masih kurang diterima, sering dikucilkan, dan diejek. Diperlukan sosialisasi dan kerjasama semua pihak terkait agar anak berkebutuhan khusus dapat diterima semua pihak.

 

 

 

Kata Kunci: Kepedulian masyarakat. Pendidikan Anak Berkebutuhan Khusus.

 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI