DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PENGEMBANGAN BUKU SAKU KEANEKARAGAMAN LEPIDOPTERA DI HUTAN MANGROF UNTUK MELATIHKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA SMA
PENGARANG:FADIL RAMADHAN
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2020-08-11


ABSTRAK

Fadil Ramadhan, 2020. Pengembangan Buku Saku Keanekaragaman Lepidoptera di Hutan Mangrof untuk Melatihkan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa SMA. Tesis, Program Studi Magister Pendidikan Biologi, Program Pascasarjana, Universitas Lambung Mangkurat. Pembimbing (I) Prof. Dr. Ir. H. M. Arief Soendjoto, M.Sc dan (II) Dr. Dharmono, M.Si.

Kata Kunci: Pengembangan, Buku Saku, Lepidoptera, Mangrof

Dalam tujuan pendidikan nasional kemampuan berpikir kreatif menjadi salah satu kompetensi yang harus dimiliki oleh siswa SMA setelah lulus, namun kenyataannya masih sulit untuk mewujudkan siswa yang memilki kreatifitas. Peserta didik kebanyakan masih bergantung pada materi yang disampaikan guru dan para guru cenderung kesulitan mengembangkan materi yang bersifat kontekstual sehingga hal ini menjadikan kendala dalam upaya melatihkan kreatifitas siswa. Buku saku “Keanekaragaman Lepidoptera di Hutan Mangrof” disusun untuk memberikan solusi bahan ajar yang berbeda pada umumnya dan berisi materi yang bersifat kontekstual sehingga dapat melatihkan kemampuan berpikir kreatif siswa SMA.

Penelitian ini adalah untuk (1) Mengevaluasi validitas buku saku materi keanekaragaman Lepidoptera di hutan mangrof untuk melatihkan kemampuan berpikir kreatif siswa SMA. (2) Mengevaluasi kepraktisan buku saku materi keanekaragaman Lepidoptera di hutan mangrof untuk melatihkan kemampuan berpikir kreatif siswa SMA (3) Mengevaluasi keefektifan buku saku materi keanekaragaman Lepidoptera di hutan mangrof untuk melatihkan kemampuan berpikir kreatif siswa SMA Penelitian ini merupakan penelitian Educational Design Research (EDR) dengan evaluasi formatif yang menggunakan desain Tessmer. Lokasi Penelitian untuk Validitas di Universitas Lambung Mangkurat, sedangkan Kepraktisan dan Keefektifan diujikan di SMAN 1 Kurau. Subjek Penelitian adalah 3 Orang ahli Untuk Validasi, 3 orang siswa untuk uji Perorangan, 5 Orang siswa untuk uji kelompok kecil dan 17 Orang Siswa Untuk Uji Kelompok Besar.

Hasil Penelitian menunjukkan bahwa (1) Buku saku yang dikembangkan sangat valid dan dapat digunakan tanpa revisi untuk digunakan dalam pembelajaran. (2) Buku saku yang digunakan sangat praktis digunakan untuk melatihkan kemampuan berpikir kreatif. (3) Buku Saku yang dikembangkan Efektif dalam melatihkan keterampilan berpikir kreatif dilihat dari hasil belajar siswa tergolong baik dengan peningkatan berdasarkan N-Gain berada pada kategori Sedang.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI