DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN CIRCUIT LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR GEOGRAFI SISWA KELAS XI IPS SMA NEGERI 11 BANJARMASIN PADA MATERI LINGKUNGAN HIDUP TAHUN AJARAN 2016/2017
PENGARANG:YULDHI YAHYA KURNIADI
PENERBIT:-
TANGGAL:2017-10-06


Penelitian ini berjudul “Penerapan Model Pembelajaran Circuit Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Geografi Siswa Kelas XI IPS SMA Negeri 11 Banjarmasin pada Materi Lingkungan Hidup Tahun Ajaran 2016/2017”. Penelitian ini bertujuan mengetahui peningkatan hasil belajar siswa dengan penerapan model pembelejaran Circuit Learning mata pelajaran Geografi dengan materi lingkungan hidup kelas XI IPS SMA Negeri 11 Banjarmasin semester genap tahun ajaran 2016/2017.

            Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif eksperimen semu (quesi eksperimen) dengan rancangan penelitian nonequivalen pre-test post-test control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah kelas XI IPS SMA Negeri 11 Banjarmasin dengan teknik purposive sampling maka didapat sampel penelitian ini adalah kelas XI IPS 2 sebagai kelas eksperimen sebanyak 33 siswa dan kelas XI IPS 1 sebagai kelas kontrol sebanyak 36 siswa. Variabel pada penelitian ini adalah model pembelajaran Circuit Learning dan hasil belajar. Teknik pengumpulan data primer menggunakan observasi dan metode tes, dan data sekunder menggunakan studi dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan perhitungan gain dan uji-t.

            Hasil perhitungan gain menjukkan bahwa terjadi peningkatan yang sangat signifikan pada kelas eksperimen yaitu thitung = 23,97353, hasil ini lebih besar dari pada kelas kontrol sebesar 6,53818. Hasil perhitungan uji-t diketahui thitung = 3,333, sedangkan ttabel dengan derajat bebas 67, pada taraf signifikan 1% sebesar 2,65122, dan ttabel pada taraf signifikan 5% sebesar = 1,99601. thitung lebih besar dari ttabel baik pada taraf signifikan 1% dan 5% (3,333>2,65122>1,99601). Hasil perhitungan ini menunjukkan bahwa terdapat perbedaan dalam peningkatan hasil belajar kedua kelas, oleh sebab itu hipotesis yang menyatakan terdapat peningkatan hasil belajar siswa dengan penerapan model pembelajaran Circuit Learning pada mata pelajaran Geografi dengan materi lingkungan hidup kelas XI IPS SMA Negeri 11 Banjarmasin semester genap tahun ajaran 2016/2017 dapat diterima. Peningkatan hasil belajar kelas yang diajar menggunakan model pembelajaran Circuit Learning lebih baik dibandingkan kelas yang diajar dengan metode konvensional.

 

Kata Kunci : Circuit Learning, Hasil Belajar

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI