DIGITAL LIBRARY
JUDUL | : | Pendapatan UMKM Kota Banjarmasin Sebelum dan Sesudah Mengimplementasikan E-Commerce (Studi Kasus UMKM Binaan dan Mitra Bank Indonesia KPw Kalimantan Selatan) | |
PENGARANG | : | ANDHIKA PERMANA PUTRA | |
PENERBIT | : | UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT | |
TANGGAL | : | 2020-08-11 |
Penelitian ini bertujuan untuk melihat bagaimana pendapatan pelaku UMKM Binaan dan Mitra Bank Indonesia KPw Kalsel setelh implemntasi e-commerce. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah (1) Melihat faktor apa saja yang menyebabkan pemilik usaha memanfaatkan e-commerce untuk menjalankan usaha. (2) Menganalisis perbedaan pendapatan pemilik usaha sebelum dan sesudah memanfaatkan e-commerce. (3). Melihat faktor apa yang menjadi hambatan dalam rangka optimalisasi penggunaan e-commerce.
Dalam penelitian ini yang menjadi responden yaitu sebanyak 21 UMKM Binaan dan Mitra Bank Indonesia KPw Kalsel yang ada di Kota Banjarmasin. Berdasarkan hasil survei di lapangan, faktor yang menyebabkan pelaku UMKM memanfaatkan E-Commerce yaitu, untuk menjangkau pasar yang lebih luas dipilih oleh 16 responden atau sebesar 76% . Berikutnya 3 responden atau sebesar 14% memilih karena mampu menekan biaya operasional, dan 2 responden atau sebesar 10% karena mendapat dorongan oleh orang sekitar. Pendapatan pemilik usaha sebelum dan sesudah memanfaatkan e-commerce mengalami perubahan berupa peningkatan. Berdasarkan hasil uji paired t-test diketahui bahwa nilai t hitung sebesar -8,345 dengan signifikansi 0.000 (p< α). Hasil uji tersebut memberikan kesimpulan bahwa terdapat perbedaan pendapatan pemilik usaha di Kota Banjarmasin sebelum dan sesudah memanfaatkan e-commerce. Berdasarkan hasil survei di lapangan, sebesar 91% (19 responden) mengatakan bahwa hambatan utama dalam rangka optimalisasi pemanfaatan E-commerce adalah kurangnya kemampuan sumber daya manusia yang dimiliki.
NO | DOWNLOAD LINK |
1 | FILE 1 |
File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI