DIGITAL LIBRARY



JUDUL:Efektivitas Media Flashcard untuk Pengenalan Anggota Tubuh pada Anak Tunagrahita di SD Negeri 4 Sungai Danau
PENGARANG:DIAN EKA ERNAWATI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2020-08-11


ABSTRAK

 

Dian Eka Ernawati, 2020: “Efektivitas Media Flashcard untuk Pengenalan Anggota Tubuh pada Anak Tunagrahita di SD Negeri 4 Sungai Danau”

Program Studi Pendidikan Luar Biasa. Pembimbing (1) H. Fauzul Adhim, M.Pd

(2) Dewi Ekasari Kusumastuti, M.Pd

           

 

Aktivitas manusia sangatlah bergantung dengan anggota tubuh, karena anggota tubuh adalah suatu pelayan yang melayani kegiatan sehari-hari manusia dan anak Tunagrahita cenderung kesulitan untuk mengenali anggota tubuhnya sendiri. Sehingga penelitian ini mengemukakan tentang kemampuan mengenal anggota tubuh pada anak tunagrahita di SD Negeri 4 Sungai Danau Kabupaten Tanah Bumbu. Permasalahan yang akan dicari jawabannya dalam penelitian ini adalah Apakah media flashcard efektif digunakan untuk pembelajaran mengenal anggota tubuh anak tunagrahita.

Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif, metode penelitian pada penelitian ini adalah metode eksperimen subjek tunggal atau single subject researce. Pelaksanaan penelitian ini menggunakan beberapa tehnik pengumpulan data yaitu observasi dan dokumentasi. Observasi yang peneliti gunakan dalam penelitian ini adalah observasi partisipatif karena peneliti terlibat dengan kegiatan sehari-hari orang yang sedang diamati atau yang digunakan sebagai sumber data penelitian. Tehnik dokumentasi juga digunakan dalam penelitian ini, berupa data-data atau dokumen yang dikumpulkan peneliti yang berhubungan dengan keadaan dan kondisi anak seperti autobigrafi, tes dan lain-lain.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa anak belum mampu mengenal anggota tubuhnya sendiri dengan baik sebelum diberikan intervensi. Hal ini dikarenakan metode dan media yang digunakan belum tepat. Anak masih belum bisa menyebutkan fungsi anggota tubuh. Saat diberikan intervensi berupa media flashcard dalam pembelajaran pengenalan anggota tubuh, kemampuan mengenal anggota tubuh anak semakin baik. Hal ini terlihat dari nilai/skor yang diperoleh anak dari hari kehari setelah intervensi semakin meningkat (53-100). Ini membuktikan bahwa media flashcard efektif digunakan untuk pembelajaran kemampuan mengenal anggota tubuh anak tunagrahita di SD Negeri 4 Sungai Danau

 

 

Kata Kunci : Flashcard, Anggota Tubuh, Tunagrahita.

 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI